Laki-laki kini lebih sering belanja di E-commerce
Berdasarkan riset terbaru yang dilakukan Kredivo dan Katadata Insight, transaksi E-commerce di Indonesia saat ini didominasi oleh kaum laki-laki.
Kondisi pandemi selama dua tahun terakhir ditambah dengan perkembangan era digital menyebabkan masyarakat semakin mengenal sistem belanja online. Bahkan, hampir semua orang saat ini mempunyai aplikasi E-commerce langganan pada smartphone mereka.
Selama ini, stigma mengenai hobi berbelanja pada masyarakat selalu diidentikkan dengan kaum perempuan. Namun, ternyata fakta yang diperoleh dari riset terbaru menyebut, kaum laki-laki kini lebih sering berbelanja online dibandingkan dengan kaum perempuan.
Berdasarkan riset Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia yang diluncurkan Kredivo dan Katadata Insight Center pada Juni 2022, laki-laki disebut lebih mendominasi transaksi E-commerce di Indonesia sepanjang tahun 2021.
“Konsumen laki-laki yang lebih mendominasi transaksi di E-commerce daripada perempuan menjadi tren yang terus berlanjut dari 2020 lalu, dengan angka persentase yang mengalami peningkatan,” ujar Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo, lewat siaran pers tertulis (6/7).
Indina mengungkap, riset tersebut memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta pengguna Kredivo pada lima E-commerce terbesar di Indonesia selama 2021. Data ini menunjukkan, proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh laki-laki mencapai 62 persen, sementara perempuan hanya berada di angka 38 persen.