Kini lisensi penggunaan hasil aplikasi Stable Diffusion menguntungkan pengguna

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 09 Jul 2024 11:06 WIB

Hanya perusahaan atau individu tertentu saja yang nantinya harus menggunakan lisensi Enterprise untuk mempublish hasil penggunaan Stable Diffusion.

Stability AI, perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi Stable Diffusion, telah mengumumkan perjanjian lisensi terbaru untuk pengguna. Isinya adalah lisensi ini memperluas tingkatan gratis dan menghapus batasan jumlah gambar yang dibuat.

Perusahan tersebut dalam sebuah pengumuman resmi di blog mereka mengakui bahwa "lisensi komersial yang awalnya dikaitkan dengan SD3 menyebabkan kebingungan dan kekhawatiran di komunitas". Ini wajar karena pengguna masih belum dapat memastikan apakah gambar yang mereka buat bisa digunakan untuk hal yang mereka ingin lakukan atau tidak.

Mereka mengatakan, untuk lisensi, hanya pelanggan Enterprise yang berpenghasilan lebih dari USD1 juta per tahun dan orang-orang yang menggunakan output gambar dan video untuk kebutuhan komersil yang akan diharuskan membayar penggunaan aplikasi Stable Diffusion.

Oleh karena itu, pengumuman “Stability AI Community License” secara drastis memperluas penggunaan gratis model AI generatif perusahaan, termasuk model Stable Diffusion 3 Medium (SD3M) yang baru-baru ini dirilis.

“Orang-orang dan organisasi yang memasang dan menjalankan model Stability AI di perangkat mereka sendiri (secara langsung atau melalui pemasangan paket sumber terbuka gratis yang menyertakannya) untuk penggunaan non komersial dapat terus melakukannya secara gratis,” kata Stability AI, seperti dikutip dari laman Digital Trends (9/7).