Mantan direktur senior OpenAI, Andrej Karpathy buka sekolah AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 17 Jul 2024 18:06 WIB

Untuk memberikan khalayak umum informasi mendalam tentang AI dan LLM, mantan direktur senior OpenAI, Andrej Karpathy buka sekolah AI.

Andrej Karpathy baru-baru ini mengumumkan sebuah kabar yang cukup mengejutkan. Setelah lama mengembara, pada akhirnya dia mengumumkan akan membentuk platform pembelajaran AI yang akan membantu orang yang ingin mengembangkan AI.

Platform yang kali ini ingin dia besarkan bernama Eureka Labs. Mantan peneliti OpenAI ini menyebut platform ini sebagai usaha bersama yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman pendidikan "asli AI", dengan penawaran pertamanya difokuskan pada pengajaran kepada siswa tentang cara membangun model bahasa besar (LLM) mereka sendiri.

"Ini masih tahap awal, tetapi saya ingin mengumumkan perusahaan tersebut sehingga saya dapat membangunnya secara publik alih-alih menyimpan rahasia yang tidak diketahui publik," ujar Karpathy seperti dikutip dari laman Arstechnica (17/7).

Tidak main-main, dia telah merancang sebuah kurikulum khusus yang dibuat bersama para ahli dengan asisten pengajar bertenaga AI berdasarkan LLM. Tujuannya, untuk memberikan panduan yang dipersonalisasi dalam skala besar. 

Seperti diketahui, untuk mempelajari AI dan LLM secara mendalam, seseorang harus mengemban sekolah tinggi dengan guru yang kompeten. Kombinasi ini bertujuan untuk membuat pendidikan berkualitas tinggi lebih mudah diakses oleh khalayak global.