Manusia memproses 74 GB informasi per harinya, jangan siksa otakmu!

Oleh: Glenn Jolodoro - Rabu, 25 Sep 2024 10:06 WIB

Ilmuwan Raffey menemukan bahwa orang rata-rata saat ini memproses sekitar 74 GB informasi per hari, setara dengan menonton 16 film.

Pernahkan berpikir berapa banyak informasi yang diolah oleh otak kita setiap hari? Mengapa sobat tek sering merasa stress, lalu merasa harus pergi healing? Ya, penyebabnya adalah perilaku kita sendiri. Sejak Revolusi informasi datang tanpa disadari manusia menerima terlalu banyak informasi. 

Ilmuwan Raffey menemukan bahwa orang rata-rata saat ini memproses sekitar 74 GB informasi per hari, setara dengan menonton 16 film. Informasi ini berasal dari berbagai sumber seperti TV, komputer, smartphone, tablet, dan media lainnya. Jumlah informasi yang kita serap setiap tahunnya meningkat sekitar 5%. 

Otak terus dipaksa menerima hal-hal baru sehingga mengganggu daya cerna terhadap jenis  informasi. Saat ini manusia semakin sulit membedakan informasi yang mengandung fakta, fiksi maupun hoax. 

Otak kita menjadi terbiasa berpindah-pindah fokus dengan cepat, atau sering disebut multitasking. Padahal otak kita tidak dirancang untuk menangani bermacam-macam tugas secara bersamaan. 

Menikmati media sosial sambil makan dan mendengarkan musik membuat otak kita bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Proses ini justru melemahkan kemampuan otak untuk fokus terhadap hal-hal yang seharusnya lebih penting dipikirkan.

Editor