Mengenal jenis-jenis proyektor sesuai keperluan

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 20 Nov 2021 11:15 WIB

Pada awal proyektor diperkenalkan, bakan ada jenis CRT (Cathode Ray Tube) yang digunakan. Ini menggunakan 3 tabung yang masing-masing menghadirkan warna primer.

Selain untuk menonton film, proyektor juga sering digunakan di kantor, ruang kelas, ruang pertunjukkan, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya pengaplikasian perangkat tersebut, akan sangat membantu jika kamu memahami berbagai jenis proyektor dan jenis lensa yang diperlukan demi memudahkan penentuan jenis proyektor terbaik untuk situasi tertentu.

Merujuk kepada itstillworks.com, secara umum ada dua jenis proyektor. Masing-masing jenis tersebut adalah DLP (Digital Light Processing) dan LCD (Liquid Crystal Display). Pada awal proyektor diperkenalkan, bakan ada jenis CRT (Cathode Ray Tube) yang digunakan. Ini menggunakan 3 tabung yang masing-masing menghadirkan warna primer. Karena ukurannya yang besar, keluaran cahaya rendah, dan kebutuhan yang sering untuk menyatukan dan menyelaraskan gambar yang diproyeksikan dari masing-masing tabung, tipe CRT tidak lagi digunakan secara umum. Berikut Tek.id rangkum jenis-jeis proyektor selengkapnya. 

LCD

Proyektor LCD bekerja dengan memanfaatkan cermin terpolarisasi yang melewati dan hanya memantulkan warna cahaya tertentu. Hal ini menyebabkan setiap saluran merah, hijau, dan biru dipisahkan dan kemudian dikonvergensi kembali melalui prisma setelah melewati panel LCD yang mengontrol intensitas dan saturasi setiap warna.

DLP