Mengungkap teknologi QLED, revolusi layar dengan quantum dot

Oleh: Erlanmart - Selasa, 03 Sep 2024 08:05 WIB

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi televisi telah berkembang pesat, dan salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah TV QLED. QLED, yang merupakan singkatan dari Quantum Dot Light Emitting Diode.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi televisi telah berkembang pesat, dan salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah TV QLED. QLED, yang merupakan singkatan dari Quantum Dot Light Emitting Diode, adalah teknologi layar yang menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dengan warna yang lebih cerah dan kontras yang lebih tinggi. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang apa itu TV QLED dan bagaimana teknologi ini bekerja sebagaimana dilansir dari Digital Trends.

Definisi QLED

QLED adalah teknologi layar yang menggunakan quantum dot, yaitu kristal nano yang sangat kecil, untuk meningkatkan kualitas gambar. Quantum dot ini memiliki kemampuan unik untuk memancarkan cahaya dengan efisiensi tinggi ketika terkena cahaya. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Sony melalui kemitraan dengan QD Vision, tetapi Samsung dengan cepat membawa versinya sendiri ke pasar dan saat ini memiliki merek dagang QLED.

Intinya, Samsung turut memopulerkan teknologi quantum dot dan menetapkan merek dagang QLED, tetapi sebagian besar produsen TV memiliki model TV berbasis quantum dot saat ini. Samsung membentuk QLED Alliance dalam kemitraan dengan Hisense dan TCL untuk tujuan mempromosikan istilah QLED kepada pembeli TV, tetapi sejauh ini, hanya ketiga perusahaan tersebut yang menggunakannya dalam pemasaran mereka.

Perusahaan lain menggunakan terminologi mereka sendiri. Vizio menambahkan kata quantum ke model yang menggunakan quantum dot, misalnya Vizio P-Series Quantum, sementara Sony dan LG memiliki kecenderungan untuk menghindari istilah tersebut sepenuhnya meskipun menggunakan teknologi quantum dot di beberapa TV LED mereka.