Menjelajahi dunia emulasi Xbox One dengan XWine1

Oleh: Erlanmart - Rabu, 02 Okt 2024 13:07 WIB

Proyek terbaru yang disebut XWine telah membawa kita satu langkah lebih dekat untuk menjalankan game Xbox One di Windows.

Komunitas emulasi game kini semakin dekat dengan pencapaian besar: emulasi Xbox One di PC. Proyek terbaru yang disebut XWine telah membawa kita satu langkah lebih dekat untuk menjalankan game Xbox One di Windows.

Xwine1 bukanlah emulator tradisional, melainkan lapisan terjemahan yang memungkinkan perangkat lunak Xbox untuk berjalan di PC Windows. Ini mirip dengan cara kerja lapisan kompatibilitas Proton pada Steam Deck, yang memungkinkan game Windows berjalan di sistem operasi berbasis Linux.

Dilansir dari Digitaltrends (2/10), Tim Xwine1 mengumumkan pada awal September bahwa enam game sudah sepenuhnya dapat dimainkan, termasuk Minecraft: Xbox One Edition, Limbo, Peggle 2, Undertale, dan Sonic Mania. Selain itu, beberapa game lain seperti Forza Horizon 2 dan Forza Horizon 3 sudah bisa mencapai menu utama.

Sebelumnya, emulasi Xbox One dianggap hampir mustahil karena keamanan yang ketat pada konsol tersebut. Namun, dengan adanya eksploit kernel yang dikenal sebagai Collateral Damage, pengguna kini dapat mengekstrak dan mendekripsi file game Xbox One, membuatnya tersedia untuk dilihat dan mungkin dimainkan di luar konsol. XWine1 dapat bekerja dengan file yang telah diekstrak dan didekripsi ini, meskipun proyek ini masih dalam tahap awal pengembangan dan belum tersedia untuk diunduh publik.

YouTuber Modern Vintage Gamer (MVG) baru-baru ini mengunggah video yang menunjukkan bagaimana XWine1 bekerja, termasuk menjalankan Minecraft di PC. Meskipun ini hanya bukti konsep, ini menunjukkan potensi besar dari proyek ini. MVG berharap untuk melihat kemajuan lebih lanjut dengan game seperti Forza Horizon 2, yang belum memiliki versi asli untuk PC.