Merasa ditipu, Elon Musk kembali tuntut Sam Altman

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 06 Agst 2024 12:06 WIB

Setelah sebelumnya mencabut gugatannya ke Sam Altman pada Juni lalu, Elon Musk kembali bawa perkara baru ke meja hijau.

Perseteruan antara Elon Musk dan Sam Altman kembali memanas. Setelah sebelumnya Musk mencabut gugatannya ke Altman Juni lalu, baru-baru ini dia kembali melakukan gugatan karena merasa dibodohi oleh Altman dan “para rekan-rekan konspirasi” mereka.

Seperti diketahui, Musk sebelumnya merasa tertipu oleh CEO OpenAI tersebut sebesar USD44 juta. Uang ini diberikan oleh Musk ke perusahaan tersebut untuk pendanaan awal perusahaan tersebut dengan iming-iming perusahaan tersebut akan selalu membuka sumber teknologinya dan memprioritaskan pelayanan untuk masyarakat daripada mendapatkan keuntungan.

Yang lebih mengejutkan lagi, Musk menuduh bahwa Altman dan para rekan-rekan konspirasinya, "Memanfaatkan kepedulian kemanusiaan Musk tentang bahaya eksistensial yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatan dan mengkhianati janji-janji demi mengejar keuntungan pribadi”.

Musk juga mengatakan bahwa Altman memasang umpan dan mengaitkan dirinya dengan altruisme palsu, lalu membalik naskah saat teknologi nirlaba tersebut mendekati AGI dan keuntungan pun semakin dekat, memobilisasi Tergugat untuk mengubah OpenAI, Inc. menjadi celengan pribadi mereka dan OpenAI menjadi sumber keuntungan besar yang menghasilkan uang, senilai miliaran.

Berikut isi tuntutan Musk :