AppOmni: Misconfigurasi KB ServiceNow sebabkan kebocoran data

Oleh: Lysti Rahma - Rabu, 18 Sep 2024 15:01 WIB

Organisasi yang menggunakan banyak instance ServiceNow secara konsisten menunjukkan kesalahan konfigurasi kontrol akses KB pada setiap instance.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa lebih dari 1.000 instance ServiceNow perusahaan secara tidak sengaja telah membocorkan data sensitif melalui Knowledge Base (KB), menimbulkan risiko keamanan yang signifikan bagi organisasi yang terdampak. 

Dilansir dari Cyber Security (18/9), penelitian yang dilakukan oleh AppOmni selama setahun terakhir menunjukkan bahwa hampir 45% dari total instance perusahaan yang diuji memiliki kontrol akses KB yang salah konfigurasi. Hal ini menyebabkan data sensitif, seperti informasi identitas pribadi (PII), detail sistem internal, serta kredensial aktif atau token untuk sistem produksi, terekspos ke publik.

Organisasi yang menggunakan banyak instance ServiceNow secara konsisten menunjukkan kesalahan konfigurasi kontrol akses KB pada setiap instance, yang mengindikasikan kurangnya pemahaman atau pengulangan praktik pengelolaan yang buruk secara tidak disengaja.

Akar masalah kerentanan ini terletak pada kompleksitas User Criteria, yang digunakan untuk mengamankan KB, alih-alih Access Control Lists (ACL). Berbeda dengan ACL, yang baru-baru ini ditingkatkan dengan atribut keamanan "UserIsAuthenticated", User Criteria tidak memiliki lapisan keamanan tambahan ini.

"Masalah utama (ACL yang salah konfigurasi) telah diatasi melalui penambahan atribut keamanan secara default pada ACL out-of-the-box (OOB), sementara jalur eksposur data (widget publik) diatasi melalui penambahan properti sistem yang membatasi data yang dapat diakses oleh widget," ungkap Aaron Costello dari AppOmni.