NASA berhasil ciptakan ‘laba-laba’ Mars di laboratorium Bumi

Oleh: Lysti Rahma - Senin, 16 Sep 2024 16:47 WIB

‘Laba-laba’ tersebut terbentuk dari debu Mars dan hanya muncul di wilayah kutub selatan planet tersebut saat musim semi tiba.

Ilmuwan NASA berhasil menciptakan kembali fenomena ‘laba-laba’ yang terlihat di Mars dalam sebuah eksperimen laboratorium di Bumi. Fenomena yang dikenal dengan istilah araneiforms ini sebelumnya terlihat dalam gambar satelit di wilayah kutub selatan Mars dan tampak seperti formasi bercabang yang menyerupai laba-laba.

Dilansir dari Wion News (16/9), meskipun terlihat mengerikan, formasi ini bukanlah laba-laba sungguhan, melainkan fenomena alam yang terjadi setiap musim semi di Mars. ‘Laba-laba’ tersebut terbentuk dari debu Mars dan hanya muncul di wilayah kutub selatan planet tersebut saat musim semi tiba.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan tidak mengetahui secara pasti bagaimana araneiforms terbentuk di permukaan Mars. Namun, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh ilmuwan planet dari NASA, Lauren Mc Keown, telah berhasil menciptakan fenomena ini di laboratorium menggunakan teknik simulasi. Mereka berharap eksperimen ini dapat mengungkap lebih banyak informasi tentang proses pembentukan formasi geologi unik di Mars.

“Laba-laba ini adalah fitur geologi yang aneh dan indah dengan sendirinya,” kata Mc Keown. “Eksperimen ini akan membantu menyempurnakan model kami tentang bagaimana mereka terbentuk.”

Pada musim dingin di Mars, karbon dioksida yang ada di atmosfer membeku menjadi es di permukaan planet. Ketika musim semi tiba, suhu naik, dan es karbon dioksida tersebut langsung berubah menjadi gas tanpa melalui fase cair, sebuah proses yang disebut sublimasi.