Neuralink dapat lampu hijau dari FDA, dapat izin perangkat terobosan

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 18 Sep 2024 13:07 WIB

Baru-baru inI FDA memberikan izin perangkat terobosan untuk Neuralink. Ini berarti, Elon Musk bisa berdiskusi dengan para ahli FDA terkait dengan penelitian mereka.

Badan kesehatan Amerika melalui FDA baru saja mengeluarkan izin resmi untuk Neuralink. Izin yang mereka keluarkan berupa izin “perangkat terobosan” untuk Blindsight. Untuk diketahui, program perangkat terobosan di FDA adalah program sukarela yang dapat diterapkan oleh pengembang. 

Dan saat disetujui, izin ini akan memberikan kesempatan kepada produsen untuk berinteraksi dengan para ahli FDA melalui beberapa pilihan program yang berbeda untuk secara efisien mengatasi topik yang muncul selama fase peninjauan pra-pemasaran.

Pada tahun 2023, 145 perangkat medis diberi sebutan terobosan yang sama, dan hampir 1.000 telah diotorisasi sejak program ini diluncurkan pada tahun 2015 .

Blindsight yang merupakan bagian dari Neuralink, merupakan bagian baru dari teknologi yang telah digunakan selama puluhan tahun untuk secara eksperimental memulihkan penglihatan yang sangat terbatas pada orang-orang tuna netra tertentu. 

Rangkaian mikroelektroda tertanam dalam korteks visual dan menstimulasi neuron yang terletak di sana dalam pola yang berasal dari kamera. Dengan kata lain, sangat mudah untuk menghasilkan fenomena visual pada orang-orang yang mungkin belum pernah melihat sebelumnya.