Nintendo akan integrasikan AI Generatif ke produk mereka

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 12 Jul 2024 08:49 WIB

Dalam rapat umum pemegang saham yang dilakukan oleh Nintendo baru-baru ini, Presiden dan Direktur Perwakilan Nintendo Shuntaro Furukawa mengatakan bahwa dirinya dan tim Nintendo ingin memasukkan AI generatif ke dalam platform mereka.

AI dalam sebuah game sudah memiliki sejarah selama puluhan tahun. Kecerdasan buatan bisa kita lihat dari game digital pertama bertemakan tic-tac-toe, Bertie the Brain yang diperkenalkan tahun 1950 dan terus berkembang hingga saat ini.

Saking berpengaruhnya AI di dalam game, Presiden dan Direktur Perwakilan Nintendo Shuntaro Furukawa mengatakan bahwa dirinya dan tim Nintendo ingin memasukkan AI generatif ke dalam platform mereka.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ke-84, Furukawa-san pun mengakui potensi teknologi tersebut serta risikonya.

“Dalam industri game, teknologi seperti AI telah lama digunakan, seperti misalnya untuk mengendalikan gerakan karakter lawan. Jadi saya yakin bahwa pengembangan game dan teknologi AI selalu memiliki hubungan yang erat,” ujar Furukawa, seperti dikutip dari laman Wccftech (12/7).

“AI generatif, yang baru-baru ini menjadi topik besar, dapat digunakan dengan cara-cara yang kreatif, tetapi kami menyadari bahwa hal itu juga dapat menimbulkan masalah dengan hak kekayaan intelektual. Kami memiliki pengetahuan selama puluhan tahun dalam menciptakan pengalaman bermain gim terbaik bagi para pemain kami,” sambungnya.