OpenAI dan Arianna Huffington luncurkan Thrive AI Health untuk teknologi kesehatan AI

Oleh: Lysti Rahma - Selasa, 09 Jul 2024 12:04 WIB

Thrive AI Health bertujuan menciptakan “pelatih kesehatan AI” yang memberikan saran personal mengenai tidur, makanan, kebugaran, manajemen stres, dan hubungan sosial.

Pendiri Huffington Post, Arianna Huffington, bersama CEO OpenAI, Sam Altman, meluncurkan venture baru, Thrive AI Health, yang berfokus pada pengembangan teknologi asisten AI untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Tech Crunch (9/7), Thrive AI Health, yang didukung oleh perusahaan kesehatan mental milik Huffington, Thrive Global, serta OpenAI Startup Fund, bertujuan menciptakan “pelatih kesehatan AI” yang memberikan saran personal mengenai tidur, makanan, kebugaran, manajemen stres, dan hubungan sosial. DeCarlos Love, mantan pemimpin pengalaman kebugaran dan kesehatan di Fitbit, telah ditunjuk sebagai CEO.

Venture ini juga mendapat dukungan dari Alice L. Walton Foundation dan bekerja sama dengan Alice L. Walton School of Medicine sebagai mitra kesehatan awalnya. Investasi modal yang terlibat dalam Thrive AI Health masih belum diumumkan.

Dalam op-ed di majalah Time, Huffington dan Altman mengungkapkan bahwa tujuan akhir Thrive AI Health adalah melatih pelatih kesehatan AI berdasarkan penelitian ilmiah dan data medis. AI ini akan memanfaatkan platform data kesehatan dan kolaborasi dengan institusi seperti Stanford Medicine. Asisten virtual ini akan tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone dan produk enterprise Thrive, yang belajar dari perilaku pengguna dan memberikan saran kesehatan secara real-time.

“Kebanyakan rekomendasi kesehatan saat ini masih bersifat umum,” tulis Huffington dan Altman. “Pelatih kesehatan AI akan memungkinkan rekomendasi yang sangat tepat yang disesuaikan dengan setiap individu, seperti mengganti soda sore dengan air lemon, berjalan kaki selama 10 menit dengan anak, atau memulai rutinitas tidur lebih awal.”