OpenAI mengumpulkan lebih dari $6 miliar dalam pendanaan baru, salah satunya dari Nvidia

Oleh: Erlanmart - Jumat, 04 Okt 2024 13:59 WIB

OpenAI, perusahaan yang dikenal dengan pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar $6,6 miliar.

Source: The New York Times

OpenAI, perusahaan yang dikenal dengan pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar $6,6 miliar dari para investor. Pendanaan ini hampir menggandakan valuasi perusahaan menjadi $157 miliar, menjadikannya salah satu kesepakatan modal ventura terbesar dalam sejarah.

Pendanaan ini dipimpin oleh Thrive Capital, yang menyumbang sekitar $1,25 miliar. Investor lainnya termasuk SoftBank, Nvidia, Fidelity Management, dan investor terbesar sebelumnya, Microsoft. Menariknya, Apple yang sebelumnya dikabarkan akan berinvestasi, tidak termasuk dalam daftar investor kali ini.

Dilansir dari Engadget (4/10), dengan pendanaan baru ini OpenAI berencana untuk memperkuat posisinya dalam penelitian AI frontier, meningkatkan kapasitas komputasi, dan terus membangun alat yang membantu orang menyelesaikan masalah kompleks. CEO OpenAI, Sam Altman, menyatakan bahwa dana ini akan digunakan untuk mempercepat pengembangan teknologi AI dan memperluas tim mereka dengan merekrut talenta data science yang sangat dicari.

Selain pendanaan, OpenAI juga mengumumkan bahwa aplikasi AI mereka, ChatGPT, kini memiliki 250 juta pengguna aktif mingguan, naik dari 200 juta pada akhir Agustus. Dengan peningkatan jumlah pengguna ini, OpenAI mempertimbangkan untuk menaikkan harga langganan ChatGPT menjadi $22 per bulan pada akhir tahun ini dan $44 per bulan dalam lima tahun ke depan.

Namun, langkah ini juga datang dengan tantangan. OpenAI harus memastikan bahwa mereka dapat beralih dari model nirlaba ke model berorientasi keuntungan untuk mempertahankan kepercayaan investor. Jika gagal, investor memiliki hak untuk menarik pendanaan mereka.