Pabrik TSMC meledak, tidak ada korban

Oleh: Erlanmart - Jumat, 17 Mei 2024 08:07 WIB

Sebuah ledakan yang dilaporkan di pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) di Phoenix pada hari Rabu memicu kekhawatiran.

Sebuah ledakan yang dilaporkan di pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) di Phoenix pada hari Rabu memicu kekhawatiran, meskipun tidak ada korban jiwa atau kerusakan fasilitas yang dilaporkan, menurut pernyataan perusahaan.

Dilansir dari Gizmochina (17/5), peristiwa tersebut melibatkan truk pembuangan sampah, dan sopirnya dilarikan ke rumah sakit. TSMC mengonfirmasi bahwa tidak ada karyawan maupun pekerja konstruksi yang terluka dalam peristiwa tersebut. Petugas pemadam kebakaran segera merespons lokasi kejadian, meskipun rincian lebih lanjut dari petugas pemadam kebakaran belum tersedia.

Pentingnya TSMC dalam industri semikonduktor global memang bukan main-main. Sebagai produsen semikonduktor canggih terkemuka di dunia, perusahaan tersebut baru-baru ini mendapatkan hibah besar sebesar $6,6 miliar berdasarkan CHIPS dan Science Act dari pemerintahan Biden.

Upaya untuk meningkatkan produksi chip di Amerika Serikat telah membuat TSMC memperluas operasinya melampaui basis tradisionalnya di Taiwan. Perluasan terbaru mencakup fasilitas di Jepang, Jerman, dan khususnya, Arizona, AS, tempat kampus Phoenix berada.

Ekspansi ke Arizona, yang merupakan bagian dari inisiatif TSMC yang lebih luas untuk menghadirkan manufaktur chip mutakhir ke AS, siap menciptakan ribuan lapangan kerja baik di sektor manufaktur maupun konstruksi. Namun, proyek ini menghadapi tantangan, termasuk penundaan konstruksi awal karena masalah keselamatan dari serikat pekerja lokal dan keberatan untuk mendatangkan pekerja dari Taiwan.