Pasar tablet melemah, penjualan Chromebook turun di 2022
Pengiriman tablet dan Chromebook ke seluruh dunia telah mengalami penurunan tajam pada tahun 2022, menurut IDC.
Laporan terbaru IDC tentang pasar tablet di seluruh dunia pada kuartal keempat 2022 menunjukkan bahwa pengiriman tablet mengalami sedikit penurunan, yakni tepatnya sebesar 3,3% dari tahun-ke-tahun (YoY). Secara total, mereka melaporkan ada sekitar 45,7 juta unit terjual pada kuartal keempat 2022.
Pasar tablet telah mengalami pertumbuhan beruntun selama dua tahun semenjak pandemi melanda secara global, tetapi kini terhenti. Meski mengalami penurunan, pengiriman tablet masih lebih tinggi dari level pra-pandemi. Di sisi lain, pengiriman Chromebook mengalami penurunan yang signifikan pada kuartal keempat 2022.
Pengiriman Chromebook mengalami penurunan signifikan pada kuartal keempat 2022, dengan total penurunan hingga 24,3% YoY, yang ditranslasi menjadi sekitar 3,6 juta unit terjual. Dilansir dari Gizmochina (6/2), sepanjang tahun 2022 terjadi penurunan pengiriman Chromebook sebesar 48% setelah mengalami pertumbuhan 180.5% pada tahun 2021.
Apple dan Samsung terus memimpin pasar tablet, dengan pangsa pasar Apple meningkat sebesar 10 poin persentase pada kuartal keempat 2022 karena peluncuran beberapa produk baru. Fokus Samsung pada jajaran tablet premiumnya juga membantu mendorong volume pengiriman. Amazon, di sisi lain, mengalami penurunan pengiriman karena permintaan yang lemah, meskipun kuartal keempat menjadi kuartal pengiriman terbaiknya.
Huawei dan Lenovo berada dalam ikatan statistik untuk posisi keempat, dengan Huawei mengalami peningkatan penjualan tablet layar lebar di Tiongkok, dan pengiriman Lenovo menurun karena berakhirnya beberapa proyek komersial. Lantaran pasar tablet menghadapi kejenuhan dan penurunan ekonomi, vendor perlu fokus pada segmen komersial untuk mendorong penjualan.