Pembaruan Steam Deck OS bawa banyak pengaturan baru
Dalam sebuah pengumuman terbaru, Valve sedang mempersiapkan pembaruan Steam Deck OS yang menampilkan sejumlah pembaruan sistem.
Valve baru saja merilis pembaruan baru untuk konsol gaming genggam mereka, Steam Deck yang diberi label Steam Deck OS 3.5. Pembaruan ini belum siap untuk distribusi lebih luas, namun, ada sejumlah perubahan dan perbaikan menarik yang datang dengan pembaruan ini.
Beberapa pembaruan yang dibawa dalam OS terbaru ini meliputi tampilan, kestabilan, dan update OS Linux dan aplikasi lain. Berikut ini pembaruan yang dihadirkan di Steam Deck OS 3.5 :
Tampilan (Display)
- Added settings -> Menyesuaikan Warna Tampilan, untuk mengatur Kekuatan Warna dan Suhu Warna tampilan.
- Native : Pembaruan penampilan warna asli layer
- sRGB : Emulasi warna utama sRGB dengan warna yang lebih halus
- Boosted : Emulasi tampilan yang lebih luas, menampilkan vibrasi yang lebih terlihat
- HDR dapat diaktifkan dalam Pengaturan Tampilan jika didukung oleh layar eksternal.
- VRR i dapat diaktifkan dalam Pengaturan Tampilan jika didukung oleh adaptor USB-C.
- Pengaturan Quick-Access diperbarui untuk memisahkan skala dari penyaringan. Ditambahkan opsi Skala Stretch dan Zoom sebagai opsi baru untuk menangani rasio aspek yang berbeda.
- Masalah orientasi layar sentuh saat layar eksternal terhubung telah diperbaiki.
- Penggabungan (compositing) sekarang dihindari dalam situasi tambahan, mengurangi laten dan stuttering pada situasi dengan banyak tampilan bersamaan di layar.
- Perbaikan laten pada situasi tertentu di mana aplikasi merender lebih lambat dari Refresh Rate
Umum (General)
- Membuat pengaturan kunci dan pengaturan desktop untuk mouse/keyboard dengan menekan tombol Options dalam driver Linux hid-steam, agar sesuai dengan konfigurasi Desktop default Steam.
- Meningkatkan transisi fade antara aplikasi.
- Isi tampilan overlay kinerja sekarang dapat disesuaikan dengan membuat file konfigurasi (confiq)
- Memperbaiki bug di mana beberapa game bisa terlihat terdistorsi jika ukuran display tidak sesuai dengan ukuran swapchain mereka Contoh game : (Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4).
- Memperbaiki masalah di mana Disgaea PC perlu disentuh sebelum inputnya berfungsi.
- Memperbaiki dimensi fisik yang dilaporkan ke game, mengatasi masalah deteksi rasio aspek yang salah terkadang terdeteksi.
- Mengatasi masalah di mana Izinkan Tearing bisa menyebabkan stuttering berat jika Performance Overlay atau overlay lainnya muncul di layar. Tear sekarang tidak mungkin terjadi dalam situasi seperti ini, dan Performance Overlay sebaiknya dinonaktifkan untuk hasil terbaik.
- Memperbaiki masalah di mana input keyboard tidak terdeteksi di Overwatch 2.
- Firmware pengontrol: Memperbaiki masalah di mana beberapa sensor sentuh thumbstick dapat kehilangan sentuhan secara tiba tiba.
Pembaruan Linux