Ternyata perusahaan besar Indonesia ingin secepatnya adopsi AI generatif

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 16 Okt 2024 19:00 WIB

Dalam sebuah riset yang dilakukan Salesforce, AI generatif saat ini menjadi salah satu alat yang ingin diadopsi perusahaan besar di Indonesia.

AI generatif saat ini menjadi salah satu teknologi yang makin sering digunakan oleh perusahaan besar. Selain dapat memangkas waktu pengerjaan, terutama di bidang kreatif, teknologi ini juga dapat memangkas biaya.

Tapi, seberapa besar sih memangnya perusahaan ingin mengadopsi AI generatif? Ternyata, Salesforce baru saja mengeluarkan studi mengenai seberapa penting bagi perusahaan teknologi yang satu ini.

Dalam riset yang melibatkan 207 pimpinan perusahaan berskala besar di Indonesia, AI generatif merupakan salah satu dari tiga prioritas bisnis teratas bagi 82% eksekutif perusahaan atau C-Suite di Indonesia. 

50% diantaranya mengatakan bahwa perusahaannya telah memiliki strategi AI generatif yang jelas, sementara 42% lainnya mengatakan bahwa mereka tengah menyusun strategi AI generatif untuk bisnisnya.

Ini penting karena saat ini perusahaan-perusahaan tengah berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam pengadopsian AI. Riset ini juga mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan yang belum mengimplementasikan AI berpotensi kalah dalam persaingan dengan mereka yang sudah melakukannya.