Puing luar angkasa mengarah ke ISS, astronot diminta untuk berlindung

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 02 Jul 2024 07:11 WIB

Dalam sebuah laporan, para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) diminta berlindung karena takut terkena puing-puing luar angkasa.

Para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) beberapa waktu lalu dikagetkan dengan kejadian luar biasa. Mereka melaporkan, para astronot harus berlindung di pesawat antariksa karena ada ancaman puing-puing luar angkasa yang diprediksi dapat menabrak ISS.

NASA menggambarkan situasi tersebut sebagai "tindakan pencegahan standar", dan kru kini telah melanjutkan operasi normalnya. Setelah diusut, puing-puing tersebut datangnya dari pecahnya satelit di orbit, yang berada pada ketinggian yang sama dengan stasiun tersebut.

NASA memposting pernyataan singkat di X yang mengatakan bahwa awak ISS yang saat ini berjumlah sembilan anggota dari AS dan Rusia diminta untuk meninggalkan rutinitasnya untuk berlindung karena potensi masalah puing-puing dan dikirim ke tempat perlindungan di pesawat ruang angkasa masing-masing. 

Pesawat luar angkasa yang menjadi tempat para astronot tiba di ISS tetap berlabuh di stasiun tersebut selama mereka berada di sana, dan pesawat ini lebih mampu menahan serangan puing-puing dibandingkan stasiun itu sendiri, seperti lapor Digital Trends yang dilansir tim Tek.id (2/7).

Jika ada kemungkinan puing-puing tersebut berdampak pada stasiun atau kejadian berbahaya lainnya, kru akan dikirim ke pesawat ruang angkasa mereka untuk keselamatan. Saat ini yang sedang merapat ke ISS adalah SpaceX Crew Dragon, Soyuz MS-25 Rusia, dan Boeing Starliner.