Quantinumm kalahkan skor benchmark komputer kuantum milik Google

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 12 Jul 2024 16:03 WIB

Peneliti dari Universitas Cambridge berhasil kalahkan skor benchmark komputer kuantum milik Google melalui komputer Quantinumm hasil pengembangan sendiri.

Perusahaan komputasi kuantum, Quantinuum baru-baru ini mengumumkan komputer kuantum yang menurutnya mengungguli hasil komputer Google sebanyak 100 kali lipat. Ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup mengesankan, mengingat pemain di industri ini masih sangat terbatas.

Seperti diketahui, hasil pengujian komputasi kuantum yang digunakan Google pada tahun 2019 lalu menggunakan pengujian khusus yang disebut tolok ukur entropi silang linear. Pengujian ini dilakukan dalam upaya untuk menunjukkan supremasi kuantum, titik di mana komputer kuantum mengungguli komputer biasa (atau klasik) yang canggih.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu komputer kuantum, teknologi yang satu ini beroperasi pada bit kuantum. Bit kuantum (disingkat qubit) sebenarnya bekerja seperti bit komputer biasa, kecuali nilainya dapat berupa 0 dan 1 secara bersamaan.

Berkat kekhasan kuantum ini, komputer dapat mempertimbangkan lebih banyak solusi untuk suatu masalah lebih cepat daripada komputer klasik. Pada akhirnya, komputer kuantum seharusnya dapat memecahkan masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh komputer klasik.

Namun, komputer kuantum tidak terlihat seperti komputer biasa. Itu karena qubit-nya sering kali berupa atom-atom yang sangat dingin, yang disusun dalam suatu susunan. Didinginkan hingga tingkat tersebut, atom-atom tersebut memasuki keadaan kuantum.