Reddit uji coba halaman pencarian berbasis AI

Oleh: Lysti Rahma - Rabu, 07 Agst 2024 11:51 WIB

Untuk merealisasikan fitur ini, Reddit akan menggabungkan teknologi dari berbagai pihak, termasuk teknologi internal dan eksternal.

Reddit, salah satu platform media sosial terbesar, akan segera menguji coba halaman hasil pencarian yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). CEO Reddit, Steve Huffman, mengumumkan rencana ini dalam panggilan pendapatan kuartalan pada hari Selasa. Fitur baru ini dirancang untuk memberikan ringkasan dan rekomendasi konten kepada pengguna, yang memungkinkan mereka untuk lebih mendalami konten dan menemukan komunitas Reddit baru.

Dilansir dari Tech Crunch (7/8), untuk merealisasikan fitur ini, Reddit akan menggabungkan teknologi dari berbagai pihak, termasuk teknologi internal dan eksternal. Uji coba ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2024.

Langkah ini bukanlah hal yang mengejutkan bagi mereka yang mengikuti perkembangan terbaru Reddit. Pada bulan Mei lalu, Reddit mengumumkan kemitraannya dengan OpenAI. Kemitraan ini memungkinkan Reddit untuk memanfaatkan model bahasa besar milik OpenAI dalam membangun fitur-fitur berbasis AI bagi para pengguna dan moderator. Kesepakatan tersebut juga memberikan izin kepada OpenAI untuk menggunakan data dari Reddit. Selain itu, Reddit juga telah menandatangani kesepakatan serupa dengan Google pada awal tahun ini.

Dalam panggilan pendapatan tersebut, Huffman juga menyoroti kesuksesan fitur terjemahan bahasa berbasis AI Reddit. Ia melaporkan bahwa Prancis menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna tercepat. Perusahaan kini mulai memperluas fitur terjemahan ke bahasa Jerman, Spanyol, dan Portugis.

Hari ini juga menandai kedua kalinya Reddit melaporkan pendapatan kuartalan sejak menjadi perusahaan publik. Untuk kuartal kedua tahun ini, Reddit melaporkan 342,3 juta pengguna aktif mingguan, meningkat 57% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan perusahaan juga naik menjadi $281,2 juta, melampaui estimasi Wall Street yang sebesar $253,8 juta.