Robot ini punya otak Google Gemini, bisa diperintah bahasa manusia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 15 Jul 2024 11:59 WIB

Dengan menggunakan AI Google Gemini, para peneliti dapat membuat robot bernama Everyday Robot dapat diperintah dengan bahasa manusia.

Penggunaan robot di tempat kerja seperti di kantor atau hotel saat ini sudah semakin lazim kita temui. Namun, kelemahan dari robot-robot ini adalah mereka telah diprogram set instruksi khusus dan tidak dapat merespon jika diberi pertanyaan atau perintah di luar instruksi yang sudah diberikan.

Tapi, para peneliti dari Google baru-baru ini berhasil memasukkan Gemini ke dalam salah satu robot yang ada di kantor mereka. Robot yang mereka lakukan eksperimen bernama Everyday Robot yang kini dapat melakukan banyak hal.

Dengan menggunakan Gemini, pengguna dapat menggunakan perintah bahasa alami dan masukan visual untuk berinteraksi. Navigasi robotik dulunya mengharuskan para peneliti untuk tidak hanya memetakan lingkungan terlebih dahulu, tetapi juga memberikan koordinat fisik tertentu di dalam ruang untuk memandu mesin. 

Kemajuan terkini dalam apa yang dikenal sebagai navigasi Vision Language telah memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah bahasa alami kepada robot, seperti "pergi ke meja kerja". Para peneliti Google membawa konsep itu selangkah lebih maju dengan menggabungkan kemampuan multimoda, sehingga robot dapat menerima instruksi bahasa alami dan gambar pada saat yang bersamaan, seperti dikutip dari laman Digital Trends (15/7).

Salah satu contohnya, pengguna di gudang dapat menunjukkan sebuah barang kepada robot dan bertanya, "di rak mana ini?". Dengan memanfaatkan kekuatan Gemini 1.5 Pro, AI menginterpretasikan pertanyaan lisan dan informasi visual untuk merumuskan bukan hanya respons tetapi juga jalur navigasi untuk mengarahkan pengguna ke tempat yang benar di lantai gudang.