Sah! Intel Meteor Lake resmi diperkenalkan

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 20 Sep 2023 07:10 WIB

Intel membawa sejumlah pembaruan untuk jajaran prosesor Meteor Lake, termasuk penggunaan teknologi fabrikasi Intel 4 dan lainnya.

Setelah mengalami kebocoran dimana-mana, Intel pada akhirnya secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor baru mereka, yakni Intel Raptor Lake. Prosesor ini hadir dengan teknologi fabrikasi Intel 4 yang membawa banyak perubahan di sisi arsitektur Intel.

Yang paling menarik adalah jajaran prosesor ini akan dipasarkan sebagai Core Ultra, yang merupakan perubahan besar bagi Intel. Penggunaan teknologi fabrikasi Intel 4 ini merupakan proses Intel pertama berdasarkan EUV, dan platform CPU Klien Intel pertama di mana Intel menggunakan pabrikan lain, yaitu TSMC, untuk membuat bagian-bagian SoC tersebut.

Hal ini sangat dimungkinkan karena Meteor Lake memiliki desain “disaggregated”, tidak seperti pendahulunya yang masih menggunakan desain monolitik. Chipset ini digabungkan menjadi satu melalui proses "Foveros". Intel menyebut komponen yang berbeda sebagai "Tile".

Chipset ini terdiri dari beberapa inti, yang terdiri dari enam inti Redwood cove P dan delapan inti Crestmont E. Redwood Cove dan Crestmont tidak sepenuhnya baru, yang mana merupakan pembaruan dari Raptor Cove dan Gracemont yang dibuat dalam teknologi fabrikasi Intel 4.

Mereka juga mengikuti model tick-tock lama Intel. Pada kesempatan kali ini, Meteor Lake adalah tick (arsitektur lama, proses baru), yang didasarkan pada Alder Lake dan Raptor Lake.