Setelah ChatGPT, Apple dekati Meta untuk integrasi ke Apple AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 25 Jun 2024 13:07 WIB

Wall Street Journal mengatakan bahwa Apple baru-baru ini melakukan pembicaraan dengan Meta untuk integrasikan AI mereka ke dalam ekosistem Apple AI.

Dalam ajang WWDC 2024 lalu, Apple baru saja masuk ke pertarungan AI melawan beberapa perusahaan besar, termasuk Google, OpenAI, Samsung, dan lainnya. Namun, mereka menggunakan “jasa” ChatGPT untuk mengaktifkan kemampuan AI di perangkat mereka, alih-alih menggunakan mesin AI milik mereka sendiri.

Namun tampaknya, penggunaan ChatGPT untuk Apple Intelligence di dalam Siri tidak akan berlangsung lama. Dilansir dari laman Tech Crunch (25/6),mereka mengungkapkan, Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple sedang melakukan pembicaraan dengan Meta.

Inti dari pembahasan tersebut adalah ingin menggunakan AI yang dimiliki perusahaan induk dari Facebook tersebut untuk digunakan di dalam Siri. Namun, hingga saat ini kesepakatan tersebut masih dalam pembahasan. Kedua pihak masih belum memberikan tanggapan dari pihak manapun terkait pembicaraan tersebut.

Seperti diketahui, keputusan Apple untuk menggunakan teknologi pihak ketiga dan tidak mengembangkan AI mereka sendiri memang tidak menarik banyak antusias penggunanya, namun terbukti ampuh. Karena sistem pihak ketiga sudah terbukti dapat berjalan dengan optimal, mungkin itu alasan mereka tidak memilih rute menggunakan kemampuan AI milik mereka sendiri.

Pendekatan yang mereka lakukan juga bisa dibilang cukup unik, dengan memulai menambahkan fitur AI di emoji mereka. Hal ini unik untuk digunakan, terutama untuk kalangan anak-anak muda. Namun tidak praktis digunakan untuk para pengguna profesional.