SpaceX berhasil lakukan penangkapan thruster di udara

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 14 Okt 2024 14:07 WIB

Ini kali pertama perusahaan roket luar angkasa dapat menangkap thruster di udara. Dengan kesuksesan ini, visi SpaceX untuk menyediakan wahana luar angkasa dengan bagian yang dapat digunakan kembali bisa cepat terwujud.

Setelah sebelumnya terkendala izin dan perbaikan di sistem tangki bahan bakar, SpaceX sukses melakukan uji coba penangkapan unit thruster roket di udara. Kali ini, mereka menggunakan roket Starship di kawasan Texas beberapa hari yang lalu.

Ini merupakan sebuah pencapaian pertama untuk teknologi yang satu ini. Padahal sebelumnya, penangkapan unit thruster hanya ada dalam imajinasi saja, dan belum ada yang berhasil melakukannya sebelumnya.

Apa yang dilakukan oleh SpaceX ini sejalan dengan visi mereka untuk segera menggunakan roket Starship membawa lebih banyak manusia ke Bulan. Bahkan, mereka juga yakin akan dapat segera membawa manusia ke Mars.

Namun, seperti dilansir dari laman ArsTechnica (14/10), sistem tersebut nantinya akan benar-benar dapat digunakan untuk akses rutin ke luar angkasa untuk muatan yang sangat besar, dan kemampuan baru yang tampaknya tidak dapat dicapai oleh perusahaan atau negara lain.

Uji terbang dimulai dengan lepas landas roket Starship setinggi 121,3 meter pada pukul 7:25 pagi waktu setempat dari lokasi peluncuran Starbase SpaceX di Texas Selatan, beberapa mil di utara perbatasan AS-Meksiko.