SpaceX: Roket Falcon 9 berhasil lakukan pendaratan beresiko dalam uji coba terbaru

Oleh: Ahmad Haikal - Kamis, 19 Sep 2024 15:07 WIB

SpaceX berhasil daratkan roket Falcon 9 dalam sebuah pendaratan beresiko yang dilaksanakan di sebuah kapal drone di tengah laut.

SpaceX baru saja berhasil melakukan pendaratan langka dan berisiko tinggi dengan roket Falcon 9, yang mendorong teknologi ini hingga ke batas maksimalnya. Misi tersebut dinilai sebagai salah satu pencapaian penting dalam eksplorasi ruang angkasa.

Pada misi terbaru ini, Falcon 9 harus menjalani pendaratan yang sangat menantang setelah membawa muatan penting ke orbit. Proses pendaratan dilakukan dalam kondisi yang memerlukan presisi dan perhitungan akurat karena faktor risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan misi biasanya.

“Elon Musk dan tim SpaceX sekali lagi membuktikan bahwa batasan dalam teknologi penerbangan ruang angkasa dapat diatasi dengan inovasi berani,” kata seorang pakar antariksa, dilansir dari laman Wccftech (19/9). 

“Pendaratan ini menunjukkan kemajuan luar biasa dalam teknologi roket yang dapat digunakan kembali.”

SpaceX dikenal dengan kemampuan mereka untuk melakukan pendaratan kembali roket Falcon 9 setelah mengirimkan muatan ke luar angkasa. Tentu saja, kemajuan teknologi yang satu ini disebut dapat mengurangi biaya penerbangan secara signifikan.