Spesifikasi laptop seperti apa untuk menjalankan AI secara natif?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 28 Okt 2024 14:44 WIB

Untuk menjalankan AI dengan lancar, apa lagi jika kalian ingin menjalankan Microsoft Copilot+, ini yang harus kalian lakukan!

AI saat ini sudah menjadi salah satu alat yang cukup penting di zaman yang serba cepat ini. Sudah semakin banyak orang yang bergantung dengan teknologi yang satu ini untuk membuat pekerjaan mereka lebih efisien.

Pasar perangkat yang sudah hadir dengan teknologi AI di Indonesia juga dapat dibilang cukup ramai. Banyak vendor yang meluncurkan perangkat canggih, dengan berbagai spesifikasi dan kemampuan AI yang beragam.

Jika kalian belum tahu, untuk menjalankan AI, biasanya dibutuhkan sebuah “otak” khusus agar dapat menjalankannya secara lokal di perangkat kalian. Dan “otak” tersebut biasa disebut dengan Neural Processing Unit, alias NPU.

Memang, untuk menjalankan AI, kita bisa menggunakan kekuatan raw CPU atau GPU. Tapi, rasanya sayang mengalokasikan CPU atau GPU untuk menjalankan AI karena akan lebih bermanfaat digunakan untuk hal lain.

Selain itu, Microsoft saat ini juga sudah meluncurkan sebuah “standar” baru dalam penggunaan AI milik mereka, yakni Copilot. Dan versi tertingginya adalah Copilot+, yang membutuhkan kekuatan NPU yang cukup tinggi.