Supermarket Aeon pantau senyum karyawan pakai AI
Aeon, jaringan supermarket besar Jepang, telah menerapkan sistem kecerdasan buatan (AI) baru yang mengevaluasi dan berupaya untuk menstandarisasi senyuman karyawan.
Aeon, jaringan supermarket besar Jepang, telah menerapkan sistem kecerdasan buatan (AI) baru yang mengevaluasi dan berupaya untuk menstandarisasi senyuman karyawan. Pada tanggal 1 Juli, perusahaan mengumumkan penerapan "sistem AI pemeringkatan senyum" – yang dijuluki "Mr Smile" – di 240 toko di seluruh Jepang, menjadikan Aeon sebagai perusahaan pertama yang menggunakan teknologi tersebut.
Dikembangkan oleh perusahaan Jepang InstaVR, Mr Smile diklaim dapat menilai perilaku karyawan secara akurat dan menilai keseluruhan sikap mereka berdasarkan lebih dari 450 faktor, termasuk sapaan, ekspresi wajah, volume suara, dan nada bicara. Dilansir dari New Atlas (28/7), Aeon mengatakan tujuannya adalah untuk "menstandarisasi senyum anggota staf dan memuaskan pelanggan semaksimal mungkin."
Mr Smile menggabungkan elemen seperti permainan untuk mendorong staf meningkatkan skor mereka dan, sebagai akibatnya, "sikap layanan" mereka semaksimal mungkin.
Aeon mengatakan bahwa mereka menjalankan uji coba perangkat lunak AI yang berhasil di delapan tokonya yang melibatkan sekitar 3.400 karyawan dan sikap layanan dikatakan meningkat 1,6 kali lipat selama tiga bulan sebelum peluncuran terbaru Aeon ke semua tokonya.
Memiliki tingkat pengawasan konstan seperti itu terhadap setiap tindakan Anda – hingga senyum Anda – selama shift Anda pasti akan mengarah pada beberapa bentuk penyesuaian sikap, terutama di negara yang sangat dikenal karena "menyelamatkan muka." Namun, kita tidak dapat tidak berpikir bahwa teknologi ini terasa sangat mirip dengan awal episode Black Mirror.