Teknologi ini bisa bantu GPU lebih kencang lakukan pelatihan AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 08 Jul 2024 18:08 WIB

Teknologi CXL yang dikembangkan Panmnesia dapat meningkatkan performa kinerja tinggi, seperti pembelajaran machine learning dan gaming secara general. Namun, teknologi ini masih sulit untuk diimplementasikan.

Salah satu batasan yang ada di industri GPU saat ini adalah masalah jumlah VRAM yang bisa digunakan di sebuah GPU. Hal ini mempengaruhi kinerja GPU secara umum, baik di performa gaming atau workload lain seperti AI learning.

Namun, para peneliti dari Panmnesia tampaknya sudah menemukan solusi untuk keterbatasan dua teknologi tersebut. Mereka tengah mengembangkan teknologi bernama Compute Express Link, atau CXL, yang memungkinkan GPU memanfaatkan sumber daya memori eksternal melalui antarmuka PCIe.

Sekedar informasi, Panmnesia adalah perusahaan yang didukung oleh lembaga penelitian KAIST Korea Selatan.

Digital Trends (8/7) melaporkan, GPU entry level saat ini, seperti NVIDIA RTX 4060 memiliki keterbatasan VRAM bawaannya yang hanya 8GB. Keterbatasan ini menghambat kinerja untuk tugas-tugas yang membutuhkan banyak memori seperti pelatihan AI, analisis data, dan permainan beresolusi tinggi. 

Oleh karena itu, kehadiran CXL yang mampu memanfaatkan koneksi PCIe untuk mengakses RAM yang ada di sebuah perangkat komputer, server, atau laptop dapat mengatasi keterbatasan tersebut.