Ternyata AMD hampir mengakuisisi NVIDIA

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 10 Jul 2024 08:46 WIB

Pada era 2000-an, AMD dikabarkan pernah tertarik untuk mengakuisisi NVIDIA setelah melakukan akuisisi ATI. Tapi, Jensen Huang menolak dengan alasan yang cukup nyentrik.

NVIDIA saat ini menjadi perusahaan dengan pendapatan tertinggi di dunia. CEO mereka, Jensen Huang berhasil membawa perusahaan tersebut mendaki ke puncak meski mereka sempat ada di bawah dan harus bersaing dengan perusahaan besar.

Tapi, tahukah kalian bahwa ternyata, AMD pernah tertarik untuk melakukan akuisisi NVIDIA? Padahal, AMD telah melakukan akuisisi ATI pada kala itu.

Hal ini terjadi sekitar awal 2000-an. Tahun ini merupakan sebuah era ketika komputasi personal baru mulai berkembang. Era itu adalah era berjayanya CPU, dimana AMD dan Intel bersaing ketat untuk menjual lebih banyak produk satu sama lain.

Cerita ini mencuat dari mantan karyawan AMD bernama Hemant Mohapatra. Dia bergabung dengan AMD ketika saham perusahaan diperdagangkan sekitar USD40 per lembar, dan menyaksikan AMD meraih kemenangan besar dengan peluncuran chip 64-bit yang unggul atas Intel, seperti dilansir dari laman Wccftech (10/7).

Namun, dia mengkritik AMD karena terlalu fokus pada desain dual-core murni, sementara Intel memanfaatkan kekuatan logistik dan pemasaran untuk menjual dua core yang dihubungkan sebagai prosesor dual-core.