Terobosan teknologi: AI Buddy, teman virtual yang interaktif

Oleh: Erlan - Jumat, 18 Okt 2024 08:09 WIB

Pada konferensi teknologi Lenovo 2024, perusahaan ini memperkenalkan prototipe asisten rumah pintar yang diberi nama AI Buddy.

Pada konferensi teknologi Lenovo 2024, perusahaan ini memperkenalkan prototipe asisten rumah pintar yang diberi nama AI Buddy. Dirancang untuk bersaing dengan perangkat populer seperti Amazon Echo, AI Buddy dari Lenovo memiliki elemen desain unik dan fitur inovatif yang membuatnya berbeda dari asisten rumah pintar lainnya di pasaran.

Dilansir dari Gizmochina (18/10), AI Buddy memiliki bentuk seperti basis pengisian MagSafe yang dapat dilipat dengan layar melingkar di bagian atas. Layar ini menampilkan mata animasi sebagai emoji untuk mensimulasikan emosi, memberikan pengalaman interaksi yang lebih hidup dengan penggunanya. Selain itu, layar ini juga menampilkan informasi penting seperti waktu, cuaca, opsi musik, dan foto pribadi pengguna.

Yang menarik, AI Buddy juga memiliki port USB-A dan USB-C, serta jack headphone di dasarnya, membuatnya sangat fleksibel untuk pengguna yang mencari opsi konektivitas di perangkat rumah pintar mereka. Desain yang minimalis namun fungsional ini mencerminkan pendekatan Lenovo terhadap desain yang selalu menonjol.

Selain itu, Lenovo juga mengumumkan kemitraan dengan Meta untuk memperkenalkan AI Now, asisten AI pribadi untuk PC berdasarkan model besar Meta, Llama. AI Buddy mengadopsi teknologi ini, memberikan pengalaman yang lebih alami dan adaptif bagi pengguna. AI Buddy menggunakan AI berdasarkan perasaan untuk menyesuaikan responsnya, menangani tugas-tugas seperti penjadwalan, pengingat, dan tugas harian sambil belajar dan beradaptasi dengan preferensi pengguna seiring waktu.

AI Buddy juga memiliki layar yang bisa berputar untuk menyesuaikan kontak visual dengan pengguna, mirip dengan Echo Show 10 dari Amazon. Fitur ini membuat interaksi menjadi lebih personal dan dinamis, karena AI Buddy mengikuti pengguna dan menyesuaikan berdasarkan di mana mereka berada di ruangan. Dengan integrasi AI Now, AI Buddy dapat membantu pengguna dalam manajemen tugas, membantu mereka mengatur hari mereka dengan efisien.