Tidak ingin kalah oleh AI? coba lakukan ini

Oleh: Glenn Jolodoro - Jumat, 27 Sep 2024 10:07 WIB

Jika kalian tidak ingin kalah dengan AI, kalian bisa lakukan beberapa hal yang bisa kalian lakukan di era modern saat ini.

Sahabat tek mungkin sering terpapar oleh kekhawatiran para ahli tentang bagaimana Artificial Intelligence (AI) berpotensi mengancam eksistensi manusia di masa depan. Tentu masih terlalu dini untuk memprediksi apakah AI dapat mengambil alih kontrol kehidupan dari manusia. 

Namun banyak ahli sepakat bahwa manusia yang unggul di masa depan adalah manusia yang dapat menggunakan AI dalam mencapai tujuannya. Hal itu tentu saja mengancam manusia-manusia lain yang saat ini mungkin tidak familiar menggunakan AI.

Memang Sahabat tek perlu waspada atas perkembangan AI, jika tidak ingin kesulitan mencari pekerjaan di masa depan. Salah satu cara manusia agar dapat berkompetisi oleh manusia-manusia di masa depan yaitu dengan cara meningkatkan pemikiran kritis (critical thinking). Dengan berpikir kritis membantu manusia tetap memegang kendali atas keputusannya. Kemampuan berpikir kritis juga menjadi syarat Sahabat tek untuk menguasai chatbot pintar seperti ChatGPT, CoPilot ataupun Bard. 

Perlu diakui, manusia saat ini cenderung lebih kesulitan untuk berpikir lebih kritis. Itu disebabkan penurunan minat baca selama beberapa generasi. Manusia lebih sedikit membaca, lebih sedikit mengingat apa yang di baca, dan kesulitan untuk terlibat dalam analisis kritis.

Rentan perhatian kita telah menyusut menjadi hanya beberapa detik karena terlalu banyak informasi yang datang melalui social media. Jika tren ini terus berlanjut, manusia akan cenderung memutuskan hal berdasarkan informasi-informasi pendek yang seringkali memiliki bias dan palsu.

Editor