TikTok : Tren berbelanja saat sahur warnai Ramadan 2025
TikTok dan Tokopedia mengungkapkan adanya peningkatan pembelian selama sahur sebesar 10%, jumlah penjual di TikTok Shop meningkat hingga 40%.

Bulan puasa sering dikaitkan dengan meningkatnya tingkat berbelanja masyarakat, terutama di Indonesia. Dan saat ini, tren berbelanja live online semakin dinikmati oleh banyak orang, karena biasanya menawarkan banyak diskon dan promo menarik.
Oleh karena itu, TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop menggelar acara “Buka Puasa Bersama TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop: Bicara Tren Ramadan 2025” pada Senin (17/3). Acara ini membahas lonjakan aktivitas digital selama Ramadan, termasuk peningkatan live streaming, unggahan video di TikTok, serta momen puncak transaksi di platform digital.
Beberapa tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain Melissa Siska Juminto selaku President Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Anggini Setiawan selaku Communications Director TikTok Indonesia, Aditia Grasio Nelwan selaku Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, serta beberapa pelaku bisnis seperti Mutiara Nisa Rozdianda dari Grup Kalaborasi Indonesia, Janet Dana pemilik GAUDI, dan Hendri Wahyudi selaku Affiliate Content Creator.
Awal Ramadan 2025 mencatat rekor baru dengan fitur LIVE di TikTok yang telah ditonton lebih dari 2 miliar kali. Produk-produk seperti baju muslim, parfum, skincare, make-up, dan hampers menjadi yang paling laris melalui live streaming di TikTok Shop by Tokopedia.
Menurut Anggini Setiawan, sinergi antara ekosistem TikTok dengan Tokopedia dan TikTok Shop telah membantu jutaan penjual meningkatkan transaksi. Salah satu contoh suksesnya adalah brand fashion lokal Gaudi, yang mampu menggandakan penjualannya di TikTok Shop tahun lalu berkat fitur LIVE di TikTok.