Tipe-tipe pengguna ecommerce di Tokopedia
Menurut Tokopedia, terdapat empat tipe pengguna ecommerce, yaitu Undecided Customer, Prospective Customer, Loyal Customer, dan Impulsive Customer.
Tren belanja online di Indonesia tetap berlanjut meskipun satu per satu kehidupan kembali berjalan normal sejak Covid-19 dinyatakan sebagai endemi. Menurut data e-Conomy SEA Report 2022 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkatkan atau mempertahankan penggunaan layanan digital pada 2023.
Ini berarti, ecommerce - salah satu layanan digital yang dimaksud - akan mendapati peningkatan pengguna sepanjang tahunnya. Namun, peningkatan pengguna belum tentu akan meningkatkan jumlah transaksi. Sebab, tidak semua pengguna ecommerce berakhir dengan membeli produk.
VP of Tokopedia Marketing Solutions Edwin Chayadi menyebutkan ada empat tipe pengguna ecommerce, yaitu Undecided Customer, Prospective Customer, Loyal Customer, dan Impulsive Customer. Dari keempat tipe itu, hanya Loyal Customer yang sudah memutuskan untuk bertransaksi sedangkan lainnya belum.
- Undecided Customer
Edwin menjelaskan di Tokopedia sering ditemui tipe-tipe pengguna yang beragam, salah satunya Undecided Customer. Ini adalah tipe pengguna yang membuka ecommerce pada waktu senggang, tidak ada target produk yang ingin dibeli, dan hanya berselancar di halaman platform untuk 'melihat-ilhat'.
- Prospective Customer
Beda dengan Undecided Customer, tipe Prospective Customer sudah menargetkan suatu brand yang diinginkan dan pergi ke halaman brand tersebut. Namun, pengguna tipe ini masih mempertimbangkan promo yang ditawarkan dan belum mencapai keputusan akhir untuk membelinya.