Transaksi selama Harbolnas 2018 tembus Rp6,8 triliun
Riset Nielsen Indonesia menunjukkan, tahun ini Harbolnas diperkirakan mendapat transaksi Rp6,8 triliun.
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) telah berlangsung pada 12 Desember. Ajang belanja online itu tak diragukan lagi dinanti-nantikan banyak kalangan, berkat promo yang menggiurkan.
Mengingat kepemilikan smartphone yang sudah menjadi hal lumrah, wajar saja Harbolnas digandrungi banyak peminat. Oleh karenanya, Harbolnas 2018 berhasil mencatat transaksi triliunan rupiah.
Riset Nielsen Indonesia menunjukkan, di tahun ini Harbolnas diperkirakan mendapati transaksi Rp6,8 triliun. Jumlah ini meningkat Rp2,1 triliun dibanding tahun lalu. Dari total transaksi itu, 46 persen di antaranya (Rp3,1 triliun) merupakan kontribusi produk lokal.
“Harbolnas tahun ini, memang kami fokuskan untuk membantu meningkatkan daya jual produk lokal di platform e-commerce. Kami sangat senang hampir setengah dari nilai transaksi Harbolnas tahun ini berasal dari produk lokal, yakni Rp3.1 triliun, melampaui target kami yang hanya Rp1 triliun," kata Ketua Harbolnas 2018, Indra Yonathan.
Selain peningkatan transaksi, jumlah partisipan Harbolnas juga turut melonjak. Peningkatannya disebut Nielsen Indonesia mencapai 46 pesen dibanding tahun lalu.