Dari AI hingga cloud computing, ini tren teknologi yang perlu diperhatikan di 2023
Managing Director Kyndryl Indonesia, Sean Lee, telah membagikan delapan tren teknologi yang harus diketahui oleh setiap pemimpin bisnis.
Penyedia layanan infrastruktur TI, Kyndryl, telah mengungkapkan tren paling populer yang akan memengaruhi pengambilan keputusan TI pada tahun 2023. Seiring perkembangan teknologi dan masalah bisnis kompleks yang terus muncul, profesional TI akan menghadapi tantangan baru pada tahun mendatang.
Beberapa perubahan akan memicu inovasi, sementara yang lain akan memicu perdebatan seputar etika kecerdasan buatan (AI). Kyndryl bekerja bersama perusahaan di ASEAN dan seluruh dunia untuk membantu mereka mengatasi tujuan bisnis yang paling mendesak dengan cara modern. Managing Director Kyndryl Indonesia, Sean Lee, telah membagikan delapan tren teknologi yang harus diketahui oleh setiap pemimpin bisnis:
1. Ketahanan siber akan menyusul keamanan siber sebagai masalah keamanan utama
Dengan 88% dewan perusahaan kini melihat keamanan siber sebagai risiko bisnis daripada risiko teknologi, menurut survei Gartner, ketahanan siber tidak lagi hanya menjadi masalah bagi Kepala Petugas Keamanan Informasi pada tahun 2023. Kemungkinan besar, setiap pemimpin eksekutif di organisasi akan menjadi bagian dari percakapan untuk menyamakan persepsi terkait hal ini.
Ini bukan hanya diskusi TI. Perusahaan harus memahami bahwa mereka lebih mungkin bertahan dengan adanya peristiwa dunia maya daripada bencana fisik, dan mereka harus melindungi semua area bisnis mereka. Tentunya, hal itu bisa mengarah pada pekerjaan keamanan yang akan paling dicari pada tahun depan: Petugas Ketahanan Siber.
2. AI akan menjadi suatu keharusan
Solusi AI yang bertanggung jawab — area yang menangani kepercayaan, risiko, etika, keamanan, dan transparansi — akan diutamakan. Kita akan melihat solusi yang menargetkan wawasan (insight) yang dipersonalisasi — apakah itu terkait dengan aspek seperti risiko kredit, penjaminan emisi, atau sekadar mesin rekomendasi untuk penentuan harga yang dinamis atau memengaruhi keputusan pembelian.