Vulcan siapkan dukungan Ray Tracing untuk AMD, NVIDIA, dan Intel
Dalam sebuah pernyataan resmi, Khronos Group mengatakan bahwa Vulcan RT akan mendukung semua GPU AMD, NVIDIA, dan Intel yang memiliki inti Ray Tracing di perangkat mereka.
AMD saat ini telah memiliki beberapa GPU yang sudah mendukung teknologi Ray Tracing. Hal ini dikarenakan jajaran Radeon RX 6000 series mereka yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu memiliki teknologi ray tracing yang tertanam secara hardware.
Memang saat ini masih sangat sedikit gim yang mendukung ray tracing untuk GPU AMD. Namun, Khronos Group telah secara resmi merinci bahwa Vulkan SDK, Tools, dan Drivernya sudah mendukung ray tracing untuk GPU AMD selain mendukung GPU NVIDIA.
Mereka mengatakan, Vulkan API saat ini sudah memiliki cabang hardware-agnostic resmi untuk dukungan ray tracing. Khronos merilis ekstensi terakhir pada November 2020 sehingga pengembang dapat mulai mengintegrasikan fungsionalitas bersama kerangka kerja rasterisasi lama Vulkan.
Dengan demikian, Vulkan Ray Tracing saat ini sudah menjadi solusi terbuka, lintas platform, dan lintas vendor pertama di industri untuk akselerasi ray tracing.
“Spesifikasi API Pengiriman hanyalah langkah pertama dalam membangun ekosistem pengembang untuk Vulkan Ray Tracing, kami sekarang memiliki alat dan sampel untuk benar-benar memungkinkan pengembang memanfaatkan kekuatan akselerasi pelacakan sinar lintas platform,” kata Daniel Koch, pengembang senior dari Khronos, seperti dikutip dari laman Wccftech (16/12).