Permudah distribusi air bersih di Lombok Utara, XL Axiata hadirkan solusi berbasis IoT
Water Meter NB-IoT adalah solusi berbasis IoT yang diterapkan XL Axiata Business Solutions bersama PT Berkat Air Laut (BAL) untuk memonitor distribusi air bersih bagi warga yang tinggal di area tersebut.
XL Axiata Business Solutions mendukung para pelaku usaha di Lombok Utara, khususnya di area pariwisata Gili Terawangan dan Gili Meno, melaluibpengembangan Water Meter NB-IoT. Ini adalah solusi berbasis IoT yang diterapkan bersama PT Berkat Air Laut (BAL) untuk memonitor distribusi air bersih bagi warga yang tinggal di area tersebut.
PT BAL selama ini melakukan monitor air bersih secara manual dengan mencatat distrubusi air bersih dari rumah-rumah. Namun dengan hadirnya teknologi NB-IoT, monitoring bisa dilakukan secara real time, dan efisien.
“Kita tahu bahwa Gili Terawangan dan Gili Meno merupakan salah satu daerah pariwisata yang cukup dikenal hingga manca negara. Untuk itu, kami berharap XL Axiata Business Solutions dapat menjadi preferred ICT Solutions provider yang mampu memberikan solusi ICT terbaik dalam mendukung pelaku industri pariwisata setempat," kata Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dalam laporan yang Tek.id terima (1/4).
Perlu diketahui, sumur yang ada di Gili Terawangan dan Gili Meno tidak memiliki air tawar. Tingkat keasinannya bahkan sama dengan air laut. Masih sulit untuk mendapatkan pasokan air tawar bersih di sana, dibantu PT BAL sebagai satu-satunya perusahaan pemasok air tawar bersih di wilayah tersebut.
Smart Water Meter with NB-IoT berupa alat meteran air yang di dalamnya terdapat kartu SIM NB-IoT dari XL Axiata untuk mengirimkan data-data yang di butuhkan dari meteran air ke server dan dashboard yang dioperasikan PT BAL.
Ini merupakan bagian dari teknologi Low Power Wide Area Network (LPWAN) berlisensi yang didesain khusus untuk komunikasi IoT dengan cakupan jaringan yang lebih luas dan daya tahan baterai hingga 10 tahun.
Adapun, mekanisme kerja Smart Water Meter NB-IoT berawal dari air bersih yang dihasilkan dari proses desalinasi air laut dan ditampung pada reservoir, kemudian dialirkan ke para pelanggan melewati Smart Water Meter dengan NB-IoT XL sebagai alat pengukur dan pemantau penggunaan air.
Selanjutnya, petugas PT BAL bisa mematikan dan menghidupkan distribusi air hanya dengan menggunakan aplikasi pada dashboard, yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh petugas pencatat meter yang berkeliling ke ribuan titik.
Dengan teknologi ini, PT BAL juga dapat memonitoring penggunaan air secara real time, serta billing yang transparan dengan akurasi tagihan yang lebih tepat. Hal itu bisa mempermudah pihak bank dalam menilai atau memperhitungkan cash flow PT BAL jika ada rencana kebutuhan pinjaman kredit investasi.
Selain itu, NB-IoT juga memberikan efisiensi dalam hal pendanaan, karena biaya perawatan yang lebih murah karena akan lebih mudah dan cepat dalam mendeteksi kebocoran saluran pipa air atau penggunan tidak wajar.