Perempuan tangguh di balik dapur Oppo Indonesia

Oleh: Erlanmart - Senin, 14 Mei 2018 15:19 WIB

Marketing Director Oppo Indonesia, Alinna Wenxin menyatakan bahwa kaum perempuan juga memiliki daya beli yang besar dibandingkan dengan pria

Ada kesan mendalam yang tersisa ketika tim redaksi Tek.id bersama Marketing Director Oppo Indonesia, Alinna Wenxin. Selain memang butuh perjuangan ke kantor Oppo yang berada di daerah Pluit, Jakarta Utara. Pasalnya kami harus menembus kemacetan Jakarta yang tidak manusiawi kala itu.

Sesampainya di kantor Oppo Indonesia, kami disambut dengan senyum sapa Alinna Wenxin, sang Direktur berserta PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Salah satu daya tarik perempuan ini adalah kefasihannya berbahasa Indonesia. Usut punya usut, ternyata Alinna belajar bahasa Indonesia sejak tahun 2009 di negaranya, China. Di sana ia dibimbing seorang dosen asli Indonesia yang fasih berbahasa Mandarin.

“Bahasa Indonesia itu bukan termasuk bahasa yang sangat susah, karena menggunakan huruf alfabet. Salah satu cara jitu belajarnya adalah mengobrol dalam Bahasa Indonesia. Saya mulai belajar Bahasa Indonesia waktu di China sejak tahun 2009,” kata Alinna seraya mengenang.

Berbeda dengan karyawan baru Oppo lainnya, Alinna pun langsung diterjunkan untuk training di pasar Indonesia pada tahun 2013. Waktu itu Oppo Indonesia hadir pertama kalinya pada April 2013 dengan produk perdananya, Oppo Find 5. Kini Oppo Indonesia genap berusia lima tahun dan menjadi salah satu pemimpin pasar di Industri.

Memulai Karier di Oppo

Pertama kali Alinna mendarat di Indonesia pada tahun 2013, ia langsung mencoba berjualan di tiga toko yang berlokasi di Mall Taman Anggrek dan Ambassador. Dua tahun kemudian, pada tahun 2015 Alinna pun diangkat menjadi Brand Manager Oppo Indonesia. Baru pada tahun 2017, Alinna menduduki posisi Marketing Director di Oppo Indonesia.