Alibaba kembangkan mesin pemesan kopi pintar
Pelanggan dapat memesan kopi sesuai dengan selera hanya dengan berbicara mesin pemesan pintar dan kopi akan disajikan sesuai permintan
Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah bidang dalam ilmu pengetahuan yang menekankan kepada kreasi mesin pintar yang berfungsi dan bereaksi layaknya manusia. Dewasa ini, teknologi AI banyak digunakan di hampir seluruh pabrikan smartphone demi menghadirkan hasil kamera yang lebih baik. Di sisi lain, Alibaba Machine Intelligence Technologies menghadirkan teknologi tersebut dengan menerapkannya kepada sistem speech interaction terbarunya yang digunakan di perangkat“pemesanan pintar” pada kafe dan restoran di China.
Berfokus kepada riset fundamental AI, Alibaba DAMO Academy menyatakan bahwa salah satu contoh aplikasi teknologi baru tersebut adalah pelanggan dapat memesan kopi sesuai dengan selera hanya dengan berbicara mesin pemesan pintar. Kemudian mesin ini akan memroses pesanan pelanggan dan menampilkan pesanan mereka di layar dalam hitungan detik. Pelanggan dapat mengubah pesanan mereka sebanyak yang mereka mau dan mesin akan menerima seluruh perubahan lalau memperbarui pesanannya.
Pemesanan pintar dapat terwujud berkat riset terbaru mengenai pemahaman bahasa lisan manusia yang melibatkan pemrosesan melalui teknologi natural language processing. Pertama, tim riset mengembangkan solusi interaksi bicara yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah. Kemudian, tim membangun model pembelajaran yang disempurnakan, yang mampu merevisi dan mendeteksi maksud dari kalimat yang diucapkan. Seluruh aspek ini sangat penting di bidang pemahaman bahasa lisan sehingga penerapan teknologi ini dapat diaplikasikan pada kebutuhan pemasaran.
“Solusi speech interaction kami didukung oleh kemampuan untuk memahami bahasa lisan. Solusi ini dapat digunakan di berbagai skenario termasuk pemesanan makanan dan minuman, pelayanan konsumen, perintah suara untuk perangkat rumah dan mobil pintar, dan dapat menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio,” kata Head of Intelligent Speech Interaction Alibaba Machine Intelligence Technologies, Zhijie Yan. “Dengan mesin pemesan pintar sebagai contoh proyek, kami percaya solusi ini dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan membantu pengusaha mengelola bisnis dengan lebih efisien.”
Mesin pemesan pintar diharapkan mulai beroperasi di pasar dalam beberapa bulan ke depan dan solusi ini akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Dalam sementara waktu solusi ini hanya tersedia untuk konsumen berbahasa Mandarin.