Filipina jadi negara paling doyan internetan di dunia
Berdasarkan laporan terbaru Hootsuite dan We Are Social, orang Filipina paling sering mengakses internet.
Filipina dinobatkan menjadi negara dengan tingkat penggunaan internet paling tinggi di dunia. Data ini berdasarkan pada hasil riset aplikasi manajemen platform media sosial, Hootsuite dan agensi pemasaran media sosial, We Are Social pada 2018.
Berdasarkan laporan terbaru Hootsuite dan We Are Social, orang Filipina paling sering mengakses internet. Mereka melampaui Thailand dan Indonesia, yang sama-sama berbasis di Asia Tenggara. Orang Filipina rata-rata menghabiskan waktu secara online hingga 10 jam 2 menit per hari. Di 2017, orang Filipina tercatat online selama 9 jam 29 menit.
Rekor Filipina itu bahkan mengalahkan rata-rata masyarakat global dalam menghabiskan waktunya di internet. Laporan itu menunjukkan rata-rata global mencapai 6 jam 42 menit. Secara lebih rinci, orang-orang Filipina rata-rata menghabiskan waktu 4 jam 12 menit di media sosial. Durasi ini juga melebihi rata-rata global yang mencapai 2 jam 16 menit.
Serupa dengan di Indonesia, mayoritas orang Filipina lebih suka mengakses internet via perangkat mobile ketimbang komputer. Rata-rata orang Filipina menggunakan internet di perangkat mobile selama 4 jam 58 menit.
Empat negara lainnya dengan durasi akses internet tertinggi yaitu Brasil, Thailand, Kolombia dan Indonesia. Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu di internet selama 8 jam 36 menit. Mereka lebih gemar mengakses internet melalui perangkat mobile ketimbang komputer. Perbandingan rata-ratanya yaitu 4 jam 35 menit dan empat jam.
Sementara akses ke media sosial, Indonesia berada di posisi keempat dengan rata-rata penggunaan 3 jam 26 menit per harinya. Durasi penggunaan itu melampaui Thailand, 3 jam 11 menit.
Laporan itu mencatat pengguna media sosial di Asia Pasifik meningkat signifikan hingga mencapai 218 juta pengguna baru di 2018. Roger Graham, kepala Hootsuite Asia mengatakan Asia merupakan salah satu daerah dengan pertumbuhan penggunaan internet dan seluler paling cepat di dunia. Dengan demikian, peluang adopsi teknologi, investasi asing dan inovasi digital masih menjadi hal yang diincar.
Facebook masih mejadi platform media sosial yang paling populer secara global. Pengguna aktif bulanannya meningkat 1,7% atau sekitar 37 juta. Instagram kini memiliki satu miliar pengguna aktif global, mengalahkan Snapchat (287 juta) dan Twitter (326 juta).