Pada acara peluncuran paket unlimited beberapa waktu lalu, Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim
mengatakan, paket unlimited ditujukan untuk pelanggan yang aktif menggunakan internet, baik untuk menjadi
kreator konten, menjalani meeting, belajar daring, menikmati hiburan seperti streaming
film, serta untuk para pejuang UMKM.
“Smartfren sebagai pelopor paket unlimited, terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan. Kita
lihat sekarang tren-nya orang-orang upload konten dalam bentuk video ke TikTok, Instagram Reels
atau YouTube," kata Djoko.
"Karena itu kami hadirkan Smartfren Unlimited Nonstop agar mereka bisa melakukan passion digitalnya itu
tanpa khawatir. Paket Unlimited Nonstop ini bisa bikin kamu nonstop internetan tanpa sedot pulsa, karena
saat kuota utama habis, pelanggan akan mendapatkan akses nonstop,” katanya.
Wanodya bercerita, pertama kali membaca berita tentang Smartfren Unlimited tersebut sekitar Februari 2022.
"Aku awalnya penasaran dan nyobain Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000, ternyata cukup buat sebulan.
Sekali beli aja jadinya per bulan. Lumayan bisa hemat sekitar 100 ribu," katanya. “Bagi orang-orang
mungkin itu kecil, tapi buat aku yang baru mulai usaha kecil-kecilan, itu lumayan banget.”
Wanodya mengakui, sebelum pandemi dia bukan pengguna Smartfren. Namun, karena kebutuhan untuk usaha jualan
online yang sedang dirintisnya, paket data yang ditawarkan Smartfren adalah yang paling masuk akal
karena paling terjangkau, dan juga koneksinya kencang dan stabil di wilayah lokasi tempat dia tinggal.
Pengalaman Wanodya sejalan dengan laporan Open
Signal pada Februari 2022 lalu. Menurut perusahaan riset konektivitas mobile secara global
tersebut, Smartfren memang sangat serius meningkatkan kualitas layanannya di seluruh Indonesia. Bahkan, Open
Signal menobatkan Smartfren sebagai Global Rising Star. Smartfren termasuk salah satu dari 30 operator
telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan yang pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler
untuk lima kategori yaitu, Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman
Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah.
Selain itu, Smartfren juga dinilai sebagai operator peringkat ke-2 di kawasan Asia Pasifik dengan
peningkatan tertinggi pada kualitas pengalaman Video (18%) dan Pengalaman Game (26,9%). Smartfren ditetapkan
sebagai operator peringkat ke-3 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi
Suara (5,3%) dan peringkat ke-5 untuk Pengalaman Kecepatan Unggah (45,9%).
Laporan itu setidaknya mengindikasikan, Smartfren belajar dari kekurangannya, yakni memperbaiki kualitas.
Sebab, dalam riset Open Signal pada tahun 2021 berjudul "Indonesia: Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juni
2021", Smartfren menempati urutan pertama dalam ketersediaan (availability) jaringan 4G di
Indonesia.
Open Signal mengatakan, ketersediaan 4G Smartfren mencapai 97,9 persen. Dengan kata lain, mayoritas
pelanggan Smartfren sudah terhubung dengan sinyal 4G. Angka itu bahkan lebih tinggi dari Tri, Indosat, XL
Axiata, dan Telkomsel yang ketersediaan 4G-nya masing-masing 93,9 persen, 92 persen, 91,2 persen, dan 89,3
persen.
Walau demikian, di tahun itu, Smartfren masih punya PR besar untuk meningkatkan kualitas layanan
jaringannya, utamanya kecepatan unduh dan unggah. OpenSignal ketika itu bilang, pengalaman cakupan jaringan
4G Smartfren hanya mendapat poin 5 dari skala 10.