10 tahun Xiaomi dan komitmen untuk Mi Fans di Indonesia
Sudah 10 tahun Xiaomi berinovasi untuk membuat smartphone yang luar biasa namun murah. Mereka sengaja ingin memberikan kejutan bagi penggemar di Indonesia untuk merayakan ulang tahun yang ke-10.
Siapa yang tak kenal dengan Xiaomi? Ya, perusahaan ini merupakan salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang merajai penjualan tak hanya di Indonesia saja, namun juga di negara Asia lainnya.
Tak terasa saat ini Xiaomi sudah berusia 10 tahun. Padahal, masih begitu teringat saat salah satu tim Tek.id membeli smartphone Xiaomi pertamanya, yakni Mi 4 pada awal 2015. Kala itu, perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni, dengan harga yang masuk akal.
Jika melihat bisnis perusahaan saat ini, Xiaomi tak lagi hanya menjadi perusahaan yang menjual smartphone saja. Kini, bisnis mereka merambah ke IoT, laptop, peralatan rumah tangga, dan juga lainnya. Mereka kini menjadi sebuah perusahaan internet raksasa.
Meski telah menjadi perusahaan besar, Xiaomi tak ingin tinggi hati. Dalam acara bertajuk “10 Years of Innovation for Everyone” yang diselenggarakan pada 13 Agustus secara langsung, Xiaomi menegaskan komitmen perusahaan untuk terus membawa inovasi yang dapat dinikmati oleh semua orang.
"Sejak Xiaomi berdiri, misi dan semangat kami tidak pernah berubah. Kami ingin semua orang di dunia dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik melalui inovasi teknologi. Oleh karena itu, selama 10 tahun ke belakang, kami selalu menawarkan produk menakjubkan dengan harga sebenarnya," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.
Alvin melanjutkan bahwa hal tersebut dapat Xiaomi lakukan dengan melakukan efisiensi operasional, menghilangkan perantara yang menyebabkan biaya tambahan, melakukan pemasaran mulut ke mulut, dan berteman dengan pengguna.
Namun, meskipun Xiaomi memberikan harga kompetitif, perusahaan tidak mengorbankan kualitas dan tetap menggunakan pemasok komponen kelas dunia.
“Terima kasih atas segala dukungan dan masukan dari para pengguna, mitra, dan Mi Fans selama ini. Xiaomi akan terus berinovasi dan memberikan yang terbaik kepada para pengguna. Kedepannya, kami juga akan terus membawa berbagai produk gaya hidup dengan berbagai perangkat pintar dan IoT. Nantikan berbagai rangkaian kegiatan untuk merayakan perjalanan ini, mulai dari peluncuran produk hingga promo penjualan," ujar Alvin.
Sebelumnya, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun juga memberikan pidato yang mengawali rangkaian perayaan ulang tahun ke-10 Xiaomi yang diadakan pada 11 Agustus. Pidato berjudul “From 10 to Infinity” tersebut berisi kilas balik perjalanan perusahaan yang didirikannya.
Selain itu, mereka juga mendapatkan kado yang sangat spesial di ulang tahun yang ke-10. Xiaomi baru-baru ini mendapatkan perhatian global setelah nama mereka tercatat dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2020. Tahun ini, Xiaomi ada di urutan ke-422.
Memberikan kejutan bagi Mi Fans di Indonesia
Jika berbicara mengenai kehadiran Xiaomi di Indonesia, pertama kali perusahaan secara resmi memijakkan kakinya di Indonesia pada 2014 silam. Kala itu, mereka hanya membawa sejumlah smartphone ke pasar Indonesia.
Mereka pun dihajar kenyataan bahwa masih banyak smartphone Xiaomi ilegal yang masuk ke Indonesia. Perjuangan mereka memang tak mudah untuk membersihkan perangkat ilegal tersebut di Indonesia.
Salah satu komitmen yang mereka lakukan adalah dengan membuka lini perakitan di Indonesia. Saat ini, mereka sudah memiliki sebuah lokasi pabrik perakitan smartphone mereka di Batam, yang diresmikan pada 2017.
Dibukanya pabrik ini memiliki dampak yang besar bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah penyerapan tenaga kerja lokal, yang kini setidaknya sudah mencapai 1000 orang lebih.
Upaya mereka pun membuahkan hasil yang sangat baik. Salah satu pencapaian mereka di 2019 adalah memproduksi total 10 juta unit smartphone di Indonesia. Ini menandakan bahwa perangkat tersebut sangat diterima oleh masyarakat Indonesia.
Berbicara mengenai penggemar, di Indonesia basis penggemar Xiaomi alias Mi Fans pun tak kalah besar. Xiaomi Indonesia mencatatkan pada 2020 ini, mereka telah memiliki lebih dari 35 Mi Fans Club yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan jumlah Mi Community di angka 1,8 juta anggota lebih.
Sebagai apresiasi terhadap Mi Fans di Indonesia, dan sebagai tanda terima kasih perusahaan, Xiaomi memberikan kejutan dengan menyiapkan Rp10 miliar untuk pengguna seri Redmi A. Hal ini Xiaomi lakukan dengan memberikan diskon untuk Redmi 9A yang dapat dibeli seharga Rp999 ribu, bagi mereka yang menggunakan Redmi 4A, Redmi 5A, dan Redmi 6A.
Xiaomi juga mempersiapkan total sembilan kejutan lain bagi para Mi Fans di Indonesia. Jadi, kalian hanya perlu menunggu tanggal mainnya untuk mendapatkan kejutan-kejutan lain dari Xiaomi Indonesia.