sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id wd
Jumat, 10 Mar 2023 14:10 WIB

5 Tips berjualan di bulan Ramadan

WhatsApp membagikan tips untuk pelaku bisnis di Indonesia dalam meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan. 

5 Tips berjualan di bulan Ramadan

Bagi pelaku bisnis, bulan Ramadan menjadi tantangan sekaligus momen untuk mencari cara baru dalam meningkatkan penjualannya. Usaha ekstra perlu ditambahkan agar bisnis dapat tetap berjalan di sepanjang Ramadan. 

Bagi sebagian besar bisnis, WhatsApp menjadi salah satu sarana yang mereka andalkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Untuk itu, peruasahaan baru-baru ini membagikan tips untuk pelaku bisnis di Indonesia dalam meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan. Tentunya, ini memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan oleh platform kepada akun bisnis, antara lain:

  • Menambahkan informasi jam operasional di profil bisnis

Salah satu keunggulan berjualan secara online adalah calon konsumen bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Namun beberapa bisnis biasanya menerapkan jam operasional apalagi saat memasuki bulan Ramadan.

Agar menghindari salah paham dengan calon pembeli, pemilik bisnis bisa mencantumkan dan memperbarui jam operasional tersebut ke profil bisnis di WhatsApp. Atau alternatif lain, mengirim pesan kepada pelanggan ketika sedang tidak bisa dihubungi karena melakukan ibadah.

  • Membuat pesan yang dipersonalisasi agar pelanggan merasa terhubung

Menurut WhatsApp, mengirim pesan yang dipersonalisasi dapat menciptakan koneksi dengan pelanggan. Selain itu, aplikasi juga menawarkan pengalaman interaktif bagi pelanggan melalui cara-cara seperti meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol (balasan cepat, list, call to action), dan menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk.

Dengan pengalaman yang lebih interaktif ini, dapat meningkatkan keterikatan dan kualitas dari bisnis itu sendiri. Jika memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.

  • Menampilkan kode QR WhatsApp di platform promosi lain

Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang mengunjungi kanal WhatsApp bisnis tersebut. 

Untuk itu, pelaku usaha disarankan menambah kode QR WhatsApp ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran lainnya agar dapat dengan mudah ditemui pelanggan. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

  • Menyambungkan akun Instagram dan Facebook dengan WhatsApp

Dengan menggunakan Alat Bantu Bisnis, Anda dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, mereka akan langsung terhubung dengan percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis.

Hal ini akan memungkinkan pelanggan yang menjelajahi bisnis Anda di platform tersebut untuk memulai percakapan lebih lanjut di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah. 

  • Pastikan bisnis terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk Anda ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda. 

Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dll. (label hanya dapat dilihat oleh Anda, bukan oleh pelanggan). 

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan dan volume percakapan, Anda dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform yang lebih efektif untuk membantu Anda berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas.

Share
×
tekid
back to top