Brand mulai tarik iklan di YouTube Kids karena skandal
YouTube Kids menuai kontroversi pekan ini, dan imbasnya pun mereka rasakan pada sisi bisnis.
Hawlet Packard, produsen permen Mars, dan beberapa brand besar menarik iklan mereka dari YouTube. Langkah ini mereka ambil setelah BuzzFeed membuat berita tentang banyaknya komentar pedofilia di YouTube Kids.
Sialnya, iklan brand-brand tersebut tayang pula di video-video itu. Menurut berita dari Engadget (25/11), brand menolak untuk memasang iklan sampai adanya keamanan yang pasti di YouTube.
YouTube sebenarnya sudah menonaktifkan video eksploitatif tersebut. Mereka juga menonaktifkan iklan-iklan pada video tersangkut skandal lainnya.
Meski begitu, langkah ini sangat terlambat bagi YouTube. Brand ingin secepatnya tahu, apakah iklan-iklan mereka tampil dalam video-video mengkhawatirkan atau ada komentar fedofiliannya.
Brand juga ingin tahu, apakah iklan mereka tampil dalam video yang mempromosikan ujaran kebencian maupun ektremisme. Penarikan serentak iklan tersebut merupakan akibat dari respons YouTube yang dinilai lambat. Hal ini juga menunjukkan masih ada celah dalam metode filter dan review yang dibuat YouTube untuk menyaring konten negatif.