California larang penjualan mobil bahan bakar cair, EPA dukung sepenuhnya
Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) memberikan persetujuan kepada California untuk melarang penjualan mobil dan truk bahan bakar gas baru mulai tahun 2035.
Baru baru ini Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) memberikan persetujuan kepada California untuk melarang penjualan mobil dan truk bahan bakar gas baru mulai tahun 2035. Langkah ini merupakan bagian dari upaya California untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara melalui regulasi Advanced Clean Cars II (ACC II) yang disahkan oleh California Air Resources Board (CARB) pada tahun 2022.
Dilansir dari Engadget (19/12), regulasi ACC II menetapkan jadwal bertahap untuk mengurangi penjualan kendaraan dengan mesin pembakaran internal. Mulai tahun 2026, 35% dari penjualan mobil baru di California harus menjadi kendaraan listrik, hybrid plug-in, atau kendaraan dengan sel fuel hidrogen. Angka ini akan meningkat menjadi 68% pada tahun 2030, sebelum mencapai persentase 100% pada tahun 2035.
Selain itu, EPA juga memberikan persetujuan kepada California untuk mengurangi emisi nitrogen oksida (NOx) dari kendaraan berat, yang merupakan salah satu penyebab utama polusi udara. California akan memerlukan pengurangan 75% emisi NOx pada tahap awal, diikuti oleh pengurangan 90% beberapa tahun kemudian.
Gubernur California, Gavin Newsom, menyambut keputusan ini sebagai bukti bahwa California dapat menghadapi tantangan melindungi masyarakat dengan membersihkan udara dan mengurangi polusi. Newsom menyatakan bahwa "California dapat bangkit menghadapi tantangan melindungi masyarakat dengan membersihkan udara dan mengurangi polusi."
Keputusan EPA ini juga mendukung komitmen pemerintah federal untuk bekerja sama dengan negara bagian untuk mengurangi emisi dan bertindak terhadap ancaman perubahan iklim. EPA Administrator, Michael S. Regan, menyatakan bahwa "Langkah-langkah ini mengikuti komitmen EPA untuk berkolaborasi dengan negara bagian untuk mengurangi emisi dan bertindak terhadap ancaman perubahan iklim."
Dengan persetujuan EPA, California dapat melanjutkan pelaksanaan regulasi ACC II dan menjadi contoh bagi negara bagian lain yang mungkin ingin mengadopsi larangan serupa. Meskipun ada kemungkinan adanya tantangan hukum dari pemerintahan yang baru, keputusan ini dianggap sebagai langkah besar menuju masa depan kendaraan bersih dan ramah lingkungan di California.