GPU RDNA2 akan dukung Ray Tracing dan VRS
Bukan hanya GPU untuk desktop saja, melainkan semua GPU RDNA2, termasuk mobile, akan mendapatkan peningkatan performa serta akselerasi Ray Tracing dan VRS secara hardware.
Para penggemar teknologi saat ini memiliki sebuah pertanyaan besar mengenai masa depan dari GPU AMD. Apakah mereka akan benar-benar membawa teknologi Ray Tracing secara hardware di GPU terbaru mereka atau tidak.
Pertanyaan ini muncul setelah Sony dan Microsoft memberikan banyak bocoran awal terkait dengan konsol terbaru mereka. Salah satu yang tercium baunya adalah rumor mengenai kedua konsol tersebut akan memiliki kemampuan Ray Tracing secara hardware.
Dalam acara Financial Analyst Day, AMD membagikan roadmap mengenai GPU terbaru mereka. Dan salah satunya adalah mengungkapkan, arsitektur terbaru mereka, RDNA2 akan memiliki kemampuan Ray Tracing dan VRS (Variable Rate Shading) secara hardware.
Mereka menyebut, GPU ini masih akan memiliki teknologi fabrikasi 7nm. Namun, dengan arsitektur yang ditingkatkan, jajaran GPU mereka akan mendapatkan kinerja 50 persen lebih baik jika berbicara performa-per-watt.
SVP dari AMD Radeon Technologies Group, David Wang, menyebutkan GPU RDNA2 AMD sudah menjalankan demo DXR 1.1 Microsoft secara internal yang menggunakan ray tracing yang menggunakan akselerasi perangkat keras. Dan mereka cukup puas dengan hasilnya.
Mereka juga mengatakan bahwa peningkatan performa ini tidak hanya akan terjadi di segmen GPU desktop saja. Melainkan, hal ini juga akan memberikan peningkatan performa di lini GPU mobile mereka.
Namun perlu diingat, kita tidak akan melihat GPU RDNA2, terutama di perangkat mobile, dalam waktu dekat ini. GPU dengan arsitektur ini akan hadir di akhir 2020 untuk desktop, dan kemungkinan akan hadir di laptop gaming di awal 2021.