sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id wd
Senin, 04 Mei 2020 12:18 WIB

Half-Life: Alyx buat penggunaan headset VR meningkat drastis

Dalam sebuah pengamatan terbaru, pengguna headset VR di Steam setelah Half-Life: Alyx resmi diluncurkan mencapai hampir 950 ribu pengguna.

Half-Life: Alyx buat penggunaan headset VR meningkat drastis
Half Life Alyx.

Selama beberapa tahun ini, penjualan perangkat headset Virtual Reality (VR) memang mengalami peningkatan. Namun, jumlah yang berhasil dijual ternyata masih jauh dari ekspektasi banyak orang.

Hal ini kemungkinan besar dikarenakan gim yang ada di pasaran kurang menarik bagi para gamer. Dan benar saja, semenjak Valve merilis gim terbaru mereka, yakni Half-Life: Alyx, beberapa pihak mengklaim melihat lonjakan pembelian headset VR dengan cukup drastis.

Salah satu yang mengklaim lonjakan pengguna tersebut adalah Road to VR. mereka menggunakan data historis dan data Valve secara langsung untuk menghitung lonjakan penggunaan tersebut.

Engadget (4/5/2020) mengatakan, mereka mengklaim adanya jumlah pengguna headset VR hampir mencapai 950.000 pengguna pada April lalu. Jumlah ini merupakan sebuah lonjakan besar jika dibandingkan dengan data di bulan Maret.

Meski demikian, Steam tidak mengatakan berapa banyak pengguna headset VR baru selama 1 bulan terakhir. Namun, cukup jelas bahwa  Alyx mendorong percepatan adopsi SteamVR pada level yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Data ini juga memberikan beberapa wawasan tentang headset apa yang digunakan gamer untuk bermain. Saat ini, perangkat yang paling yang memiliki peningkatan penggunaan terbesar adalah Oculus Quest. Sebagian untuk pangsa pasar, Oculus masih mendominasi dengan 44,6 persen, disusul dengan HTC dengan pangsa pasar sebesar 30,3 persen.

Meskipun Half-Life: Alyx bisa membantu mengembangkan game VR, data masih menunjukkan bahwa Steam masih punya jalan yang sangat panjang untuk bisa “berkontribusi besar” dalam gim VR. Hal ini dikarenakan dari 2,7 juta headset yang terhubung, hanya 1,9 persen pengguna Steam saja memiliki headset VR.

Share
×
tekid
back to top