Instagram saingi TikTok dengan perkuat fitur pencarian
Instagram perkuat fitur pencarian untuk bersaing dengan TikTok di kalangan Gen Z.

Dalam podcast Build Your Tribe, Adam Mosseri, CEO Instagram, mengatakan bahwa perusahaan sedang berkonsentrasi pada meningkatkan pengalaman pengguna melalui fitur pencariannya.
Dilansir dari laman techcrunch (9/4), Mosseri mengatakan bahwa tim yang menangani fitur pencarian saat ini masih kecil. Namun, Meta telah memperkuat mereka untuk membawa peningkatan besar dalam waktu dekat.
“Ini jalan yang panjang, tetapi saya rasa itu juga bisa menjadi jalan yang sangat bagus bagi orang-orang yang mencari sesuatu. Anda dapat bayangkan, apa pun yang Anda gunakan di Instagram, akan sangat bagus jika dapat menemukan 'itu' dengan lebih mudah,” ujar Mosseri.
Instagram mengakui bahwa pencarian konten, bukan akun, masih belum ideal. Mereka ingin pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang menarik sesuai minat mereka.
Perubahan cara Gen Z mencari informasi mendorong langkah ini. Banyak anak muda lebih memilih TikTok atau Instagram daripada mesin pencari tradisional seperti Google.
Bahkan Google pernah mengakui bahwa TikTok dan Instagram mulai menggerus penggunaan Search dan Maps. TikTok kini juga membiarkan pengiklan menargetkan halaman hasil pencariannya.
Instagram juga ingin meningkatkan saran pencarian yang muncul di kolom komentar. Tetapi, TikTok sudah lebih dulu menggunakannya untuk menampilkan topik yang sedang dibicarakan.
Mosseri menyebut Instagram akan segera meluncurkan versi baru yang mengandalkan komentar sebagai sumber konteks pencarian. Tujuannya agar pengguna bisa mengeksplorasi informasi secara lebih mendalam.