Fix! Netflix bakal hadirkan paket langganan iklan yang lebih murah
“Kami [sedang] menambahkan tingkat iklan; kami tidak menambahkan iklan ke Netflix seperti yang Anda kenal sekarang," kata Co-CEO Netflix Ted Sarandos.
Co-CEO Netflix Ted Sarandos mengonfirmasi perusahaan berencana untuk memperkenalkan tingkat berlangganan yang mendukung iklan ke layanan streaming. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah wawancara di festival periklanan Cannes Lions.
“Kami [sedang] menambahkan tingkat iklan; kami tidak menambahkan iklan ke Netflix seperti yang Anda kenal sekarang. Kami menambahkan tingkat iklan untuk orang-orang yang mengatakan, 'Hei, Saya ingin harga yang lebih rendah dan Saya akan menonton iklan,'” kata Sarandos dikutip dari The Verge (25/6).
Seperti diketahui, sejak perusahaan melaporkan kehilangan 200.000 pelanggan pada Q1 2022, ide tentang layanan berlangganan dengan iklan mulai muncul. April lalu, Co-CEO Reed Hastings mengatakan terbuka dengan ide tersebut untuk menstabilkan perusahaan.
Selain itu, Sarandos juga menanggapi rumor soal pengambilalihan Netflix. Menurutnya, perusahaan masih bisa berusaha di bawah tenaganya sendiri untuk mengembalikan pertumbuhan. Dia juga menepis rumor baru-baru ini yang mengatakan Netflix ingin membeli perusahaan streaming seperti Roku. "Kami tidak membutuhkannya," ujarnya.
Rencana Netflix untuk menyediakan paket berlangganan iklan yang lebih murah mencerminkan rencana pesaing Disney+, yang juga akan meluncurkan penawaran serupa pada akhir tahun. Langganan yang didukung iklan di Disney+ akan datang untuk Amerika Serikat terlebih dahulu, sebelum diluncurkan secara global pada 2023. Perusahaan berencana untuk membatasi iklan hingga empat menit per jam.
Sementara itu, harga untuk paket langganan baru Netflix dan Disney belum diumumkan.